Viral Remaja Tidur Selama Berminggu-minggu, Ini yang Perlu Kita Tahu dari Sindrom Putri Tidur!

By Indra Pramesti, Kamis, 26 Oktober 2017 | 07:30 WIB
Kenali sindrom putri tidur yang dialami Echa! (Indra Pramesti)

Belakangan ini kita mendengar berita tentang seorang remaja perempuan asal Banjarmasin, Siti Raisa Miranda (Echa) yang mengalami siklus tidur yang lama seperti seorang putri tidur. Echa bisa menghabiskan siklus tidur hingga dua minggu dan di antara siklus itu, Echa hanya bangun untuk makan, minum, dan buang air. Itu pun dengan bantuan orang tuanya.

Kabar tentang keadaan Echa menjadi viral setelah ayahnya memposting cerita tersebut ke media sosial Facebook miliknya. Sebenarnya penyakit apa sih yang dialami Echa? Yuk kita cari tahu fakta tentang Kleine Levin Syndrome alias sindrom putri tidur.

(Baca juga: 9 Gaya Tulisan Tangan yang Bisa Menunjukkan Kepribadian Seseorang. Kamu Termasuk yang Mana?

KLS adalah kelainan neurologis langka yang menyebabkan seseorang memiliki jumlah jam tidur yang lebih lama, kepribadian yang berubah, dan berkurangnya pemahaman pada dunia nyata.

Penyakit ini seringkali menyebabkan penderitanya mengalami kantuk yang sangat kuat dan tidur selama siang dan malam (hypersomnolence), kadang mampu berjalan hanya untuk makan atau pergi ke kamar mandi. Periode tidurnya si penderita pun kadang bisa berhari-hari bahkan ada juga yang berbulan-bulan. Selama periode itu, penderita harus menghentikan rutinitas normalnya. Penyakit ini lebih sering disebut sebagai sindrom puteri tidur.

Meski pada kasus Echa sindrom puteri tidur dialami oleh seorang perempuan, umumnya masalah neurologis ini sering dialami oleh laki-laki.

Sindrom puteri tidur terjadi karena adanya malfungsi di bagian hipotalamus dan thalamus pada bagian otak manusia yangmemiliki fungsi mengatur pola tidur, nafsu makan, dan dorongan seksual.

Terganggunya hipotalamus tersebut mneyebabkan mekanisme tubuh dalam mengatur jam biologis menjadi kacau.

Selain pola tidur, pola makan seseorang yang menderita sindrom puteri tidur ini juga berubah. Ada yang mengalami peningkatan nafsu makan selama tidur yang akhirnya memicu kenaikan berat badan. Namun ada juga yang nafsu makannya menurun selama tidur sehingga penderita akan membalas dengan makan berlebihan ketika bangun.