Curhat Mahasiswi yang Punya Usaha Online Shop untuk Jadi Mandiri & Kini Omsetnya Belasan Juta!

By Debora Gracia, Sabtu, 24 Maret 2018 | 07:40 WIB
Buat Lenny, niat harus beriringan dengan aksi kuat. Keren! (Debora Gracia)

A journey of a thousand miles begins with a single step, adalah kutipan dari Lao Tzu yang selama ini jadi pegangan untuk Lenny Yapananda Samudra. Lenny, kini masih menjadi mahasiswi di Binus University tapi dia juga mempunyai pekerjaan sampingan memiliki online shop, yaitu @corona_id. Menjadi salah satu pengusaha muda yang dipilih Shopee Indonesia sebagai speaker dalam Bincang Penjual Muda Shopee, Lenny bercerita tentang pengalamannya.

Kepada Cewekbanget.id, Lenny bercerita kalau dia membuka usaha online mulai dari Februari 2017. Alasannya sederhana, dia pengin mandiri dan enggak meminta uang jajan melulu dari orangtua. Ditambah lagi saat itu, ayahnya sudah pensiun. Lenny merasa perlu mencari uang sendiri.

"Awalnya aku merasa kok pas kuliah tingkat akhir gini, banyak waktu kosong. Ditambah keinginan untuk jadi mandiri, ya udah akhirnya terbentuk @corona_id," ujar cewek kelahiran tahun 1996 ini.

Sejak awal berjualan, Lenny sudah menggunakan aplikasi Shopee Indonesia untuk berjualan, karena menurutnya banyak keuntungannya. Lenny sendiri menjual beragam tas dan dompet cewek di online shop miliknya.

"Pembeli di online shop aku itu datangnya dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai Aceh juga. Aku rasa daya tarik utama dari Shopee karena free ongkir," ucap Lenny.

(Baca juga: 10 Quotes Inspiratif dari Karakter Cewek Keren di Drama Korea)

Saat ini, Lenny menjadi mahasiswa tingkat akhir dan lagi menyusun skripsi. Baginya, pengalaman jadi penjual online shop ada hubungannya dengan kuliahnya.

"Aku kuliah di bidang bisnis juga, jadi apa yang aku pelajari di bangku kuliah itu diaplikasikan saat aku berjualan. Syukurnya, untuk saat ini, baik kuliah atau berjualan, bisa berjalan dengan seimbang. Cuma ada beberapa momen, aku pernah merasa gemes sendiri saat pengin bales chat dari customer, cuma lagi di kelas, ha-ha," cerita Lenny.

Namanya juga usaha, pasti ada saja hal yang enggak menyenangkan. Lenny pun baru mengalaminya. Jadi, barang yang harus dikirimkan ke pembeli tiba-tiba hilang oleh kurir, sehingga ia harus menggantikan dengan barang yang baru. Tapi buatnya, biarkan hal tersebut jadi pengalaman untuk ke depannya.

(Baca juga: 3 Langkah Shopee Indonesia Membantu Pengusaha Muda dalam Membangun Bisnis Online)