9 Manfaat Daun Serai untuk Menurunkan Berat Badan & Menghilangkan Jerawat

By Marcella Oktania, Sabtu, 18 November 2017 | 07:00 WIB
momjunction.com (Marcella Oktania)

Daun serai enggak hanya bisa dipakai untuk menyedapkan makanan, tetapi juga untuk kecantikan kita, lho. Mulai dari rambut, wajah, hingga tubuh kita.

Cara memakai daun serai juga gampang, yaitu membuatnya menjadi teh daun serai. Rebus 2 buah daun serai dengan 1 cup air mineral selama 15-20 menit. Biarkan mendingin dan pindahkan ke botol spray atau wadah apapun sesuai keinginan kita.

Karena sudah tahu gimana cara membuat teh daun serai, yuk ketahui 9 manfaat daun serai untuk kecantikan kita!

(Baca juga: Hati-hati! Ini 9 Tanda Kita Enggak Cocok Memakai Produk Skincare)

Karena daun serai punya kandungan zat besi yang tinggi, makanya bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang gampang rontok. Kita bisa menggunakan daun serai untuk memijat kepala kita setelah keramas sebagai pengganti hair tonic.

Selain mengatasi rambut rontok, daun serai juga bagus ampuh banget membasmi ketombe, lho. Pijat kepala kita dengan daun serai sebelum keramas. Biarkan selama 10-15 menit sebelum membersihkannya dengan sampo.

(Baca juga: Skincare Korea Enggak Bikin Putih! Ini 8 Mitos Kecantikan Korea yang Harus Kita Tahu)

Setelah membersihkan wajah, daun serai juga bisa digunakan sebagai toner yang dapat mengontrol minyak berlebih dan membuat tampilan pori-pori jadi lebih kecil di wajah kita, nih. Ini karena daun serai punya kandungan anti bakteri yang bagus untuk mengurangi produksi minyak di wajah kita.