Sering Lupa Apa Mimpi Kita Selama Tidur? Ini Cara Supaya Bisa Ingat!

By Indra Pramesti, Senin, 30 Oktober 2017 | 11:24 WIB
Ini cara supaya kita bisa ingat mimpi kita selama tidur! (Indra Pramesti)

Sering lupa dengan mimpi yang pernah kita alami selama tidur? Hmm… kamu bukan satu-satunya, girls. Menurut Science Alert, kemungkinan hanya setengah dari kita yang mampu mnegingat mimpi, semenara seperempat lainnya lebih sering mengalami lucid dream (sadar sedang bermimpi).

Nah, ternyata penelitian sudah melakukan beberapa studi dan dengan cara berikut kita bisa mengingat kembali mimpi kita selama tidur.

(Baca juga: Fakta Tentang Petting yang Harus Kita Tahu, Karena Bisa Bikin Hamil)

Peneliti menemukan beberapa proses berbeda yang bisa membantu lucid dream, teknik tersebut dinamakan MILD (mnemonic induction of lucid dreams).

Kita diminta untuk mengatakan kalimat “Saat aku mimpi nanti, aku akan mengingat mimpiku” secara berulang-ulang sebelum tidur.

Cara ini ternyata memiliki tingkat keberhasilan sebesar 46%, sementara 17% lainnya bisa dilakukan dengan teknik lain.

Dengan mengulang-ulang kalimat tersebut sebelum tidur, kita menanamkan sugesti dalam kepala kita bahwa kita mengingat mimpi tersebut. Menurut peneliti, sugesti ini pada akhirnya akan memicu lucid dream.

(Baca juga: Lebih Keren Dari Sekadar Punya Pacar, Ini 5 #LifeGoals Cewek Jomblo yang Wajib Kita Miliki!)

Hebatnya lagi, teknik ini diyakini membuat kita jadi enggak merasa capai saat bangun di pagi harinya, jika dibandingkan dengan teknik lainnya yang masih meninggalkan rasa kecapaian. Misalnya; tiba-tiba bangun di antara mimpi, yang memicu rasa capai saat bangun tidur.