Menurut Penelitian, Ini Prediksi Perubahan Wajah Orang Korea dari Dulu Hingga Tahun 2100

By Putri Saraswati, Selasa, 31 Oktober 2017 | 12:00 WIB
Prediksi perubahan wajah orang Korea dari masa lampau hingga tahun 2100 mendatang. (Putri Saraswati)

Bentuk wajah mayoritas populasi suatu negara mengalami perubahan tiap waktu. Penyebabnya datang dari banyak hal. Mulai dari kondisi alam hingga sosial seperti terjadinya perkawinan antar ras.

Pada tahun 2014 lalu, Korean Face Institute mengadakan penelitian mengenai perubahan wajah warga Korea awam pada masa lampau, sekarang, dan masa depan. Menggunakan simulasi komputer dengan menyertakan 20 ribu foto orang Korea Selatan, para sejarawan dan ahli rekonstruksi wajah berusaha memprediksi seperti apa perubahan wajah Korea dari waktu ke waktu. Penasaran? Yuk intip!

(: 6 Kpop Idol Ini Dikenal Paling Ceroboh dan Suka Merusak Barang. Idola Kamu Termasuk?)

Wajah yang dihasilnya berdasarkan simulasi komputer menunjukkan ciri-ciri jelas dan nyata orang keturunan Asia Timur Laut.

Wajah awam orang Korea mengalami perubahan yang signifikan karena adanya percampuran dan perkawinan ras dengan imigran dari Siberia Utara.

Bentuk wajah oval agak bundar dan bibir tipis jadi ciri utamanya.

(: 10 Kpop Idol Cewek Ini Mengalami Penurunan Berat Badan Drastis)

Migrasi orang asing semakin sedikit di era Dinasti Goryeo. Melalui penyatuan Korea di masa Chosun, wajah Korea pada saat itu serupa dengan wajah orang Korea pada umumnya di masa sekarang.

(: 6 Kpop Idol Ini Menjalani Masa Training Selama 10 Tahun Lebih. Salut!)