Hindari 5 Menu Makan Siang Ini Kalau Enggak Mau Berat Badan Kita Bertambah!

By Debora Gracia, Minggu, 22 April 2018 | 04:59 WIB
Bye-bye, berat badan berlebih! (Debora Gracia)

Kita pasti tahu kalau sarapan itu penting banget untuk tubuh. Sebenarnya, makan siang enggak kalah pentingnya, lho! Karena apa yang kita dalam menu makan siang akan berpengaruh untuk aktivitas selanjutnya. Kalau pola makan salah, kita akan mudah merasa lapar lagi dan memicu untuk makan malam lebih banyak.

Berat badan pun akan kemungkinan bertambah, makanya menu makan siang harus penuh nutrisi dan gizi, girls. Nah, coba hindari 5 menu makan siang ini kalau enggak mau berat badan bertambah, ya!

Biasanya sandwich dipilih untuk menu makan siang yang praktis, mengenyangkan, dan dianggap menyehatkan. Padahal kalau dilakukan terus-menerus enggak sehat, lho! Roti memiliki kandungan serat yang minim dan indeks glikemik tinggi yang akan meningkatkan kadar gula darah.

Hasilnya, pada sore harinya kita akan mudah merasa lapar lagi. Apalagi kalau ditambah mayones di dalamnya, bisa jadi berat badan mudah naik, nih! Kalau pun terpaksa harus makan roti, pilih roti gandum yang lebih kaya serat dan nutrisi dibandingkan roti putih.

Siang-siang panas, enaknya ya minum es teh atau minuman manis lainnya. Iya, sih, tapi enaknya hanya sementara, lho. Sering mengonsumsi minuman manis bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit ginjal, hingga kerusakan gigi. Duh, pasti enggak mau kan, girls?

Menu siang ayam dan sayuran saja dianggap sehat. Kandungan di dalamnya memang menyehatkan, tapi efeknya akan berakibat buruk. Menu ini minim lemak dan serat tersebut justru akan bikin kita merasa cepat lapar dan lebih banyak makan pada jadwal makan berikutnya. Cara menghindarinya bisa tambahkan alpukat, kacang-kacangan, serta buncis dalam menu makan siang kita. Dengan begitu, energi yang didapat akan bertahan lebih lama.

(Baca juga: 6 Tips Diet yang Salah & Enggak Membuat Berat Badan Turun)

Biasanya menu ini dipilih sebagai dessert dan dianggap sehat. Tapi, kalau yogurt yang kita konsumsi memiliki berbagai rasanya, enggak ada bedanya dengan minuman manis. Yogurt juga punya sedikit kandungan serat. Kalau mau, pilih yogurt tanpa rasa atau plain dan potongan buah segar tanpa campuran gula atau sirup.