Dulu Populer, Sekarang 6 Barang dan Gadget Ini Perlahan Musnah

By Putri Saraswati, Sabtu, 23 Desember 2017 | 11:00 WIB
Barang dan gawai yang dulu nge-tren tapi kini udah jarang dipakai dan bahkan perlahan musnah. (Putri Saraswati)

Perkembangan teknologi yang pesat membuat gawai yang semula jadi tren dan digilai banyak orang, dalam kurun waktu tertentu bisa jadi ditinggalkan dan perlahan hilang. Seperti 6 barang yang dulu ng-tren tapi kini sudah jarang digunakan berikut ini. Pernah coba pakai?

(: Transformasi Media Sosial dari Dulu Hingga Sekarang. Kamu Pernah Punya yang Mana?)

Jauh sebelum flash disk, orang menggunakan floppy disk untuk menyimpan file dari komputer. Kapasitasnya pun kecil dan cuma bisa menyimpan teks aja.

Zaman dulu kalau pengin nonton film, bukan lewat DVD tapi lewat VHS, girls. Ukuran kotaknya besar dan terkesan enggak praktis.

Sebelum ada lagu dan album digital, dulu mayoritas orang mendengarkan lagu lewat kaset dan pemutarnya. Kalau pengin pindah dari side A ke side B, harus manual nih.

Ini bentuk paling jadul dari iPod dan MP3. Ukurannya yang kecil bikin cd walkman praktis dibawa ke mana-mana. Tapi kita tetap harus bawa CD fisiknya juga.

Sebelum era hape dan smartphone, orang menggunakan pager (baca: pe-jer) untuk alat komunikasi. Saat ingin mengirimkan pesan pada teman, kita telepon dulu operator. Lalu, operator itu akan mengirimkan pesan kita pada si pemilik pager.  

Dengan kemajuan teknologi, main games sekarang bisa lewat mana aja. Mulai dari komputer sampai smartphone. Tapi buat anak zaman dulu, gameboy jadi juaranya nih.