#12YearsWithSuperJunior. Ini 12 Lagu Hits dan Terbaik Super Junior selama 12 Tahun Berkarya

By Kinanti Nuke Mahardini, Minggu, 19 November 2017 | 02:15 WIB
(Kinanti Nuke Mahardini)

Hari ini, 6 November 2017, Super Junior berulang tahun yang ke-12 dan resmi comeback dengan album terbarunya setelah vakum selama dua tahun.

Meskipun hanya 7 member yang menggarap comeback ini, namun Super Junior masih mendapatkan tempat di hati pecinta musik Kpop. 

Kilas balik perjalanan Super Junior, grup ini telah mengeluarkan banyak album, baik versi Korea maupun Jepang. Berikut 12 lagu terbaik Super Junior selama 12 tahun berkarya:

(Baca juga: 10 Lagu Galau Super Junior yang Wajib Didengerin. Siap-siap Baper!)

Debut pada 6 November 2005, Super Junior saat itu masih bernama Super Junior 05. Bersama 12 member, Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Libum, dan Ryewook, Super Junior mengeluarkan single berjudul TWINS.

Dari album Don’t Don yang dirilis pada 2007, lagu terbaik Suju yakni Don’t Don. Mantap dengan 13 anggota, album ini mendapatkan pengharagaan seperti memuncaki Music Bank selama 8 minggu.

Single ‘Sory, Sorry’ dari album yang sama dirilis pada 2009 ini menjadi album musik Kpop yang laris di Asia. Penjualan album fisiknya tinggi di Korea Selatan, Taiwan, Thailand, China, Filipina, dan Indonesia.

Nama single ‘Bonamana’ yang sama dengan albumnya dirilis pada tahun 2010. Single ini merupakan single pertama yang digarap oleh 10 orang member.

Coagulation merupakan lagu galau Super Junior dari album Bonamana di tahun 2010. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang terus disakiti oleh kekasihnya dan rasa sakit tersebut akan terus membelenggunya.

Single Mr. Simple dari album dengan nama yang sama, merupakan salah satu single terbaik dari Super Junior.

Berkat lagu ini, Super Junior mendapatkan sejumlah penghargaan seperi MAMA 2011, MelOn Music Awards 2011, Seoul Music Awards 2011 dan masih banyak lagi.

(Baca juga: Transformasi Super Junior Selama 12 Tahun (2005 - 2017). Masih Tetap Jadi Idola, Ya!)

Single ini berasal dari album ‘Mr. Simple’. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang selalu kebayang sama masa lalunya dan ia selalu menyesali perpisahan yang sudah terjadi.

Lagu ini jadi lagu terbaik Super Junior buat galau karena lirik dan nadanya yang emang ngena banget. Siap-siap baper!

Lagu ini merupakan lagu yang cukup berbeda dari Super Junior sebelumnya. Lagu ini berhasil mengantarkan Super Junior mendapatkan penghargaan 14th Mnet Asian Music Awards.

Dalam album ‘Sexy, Free, Single’ meskipun kebanyakan lagunya upbeat, ada satu lagu galau yang berjudul Daydream.

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang selalu kebayang sama mantan padahal sudah putus. Baper abis.

Lagu terbaik dari album ‘Mamacita’ ialah Evanesce. Lagu ini bercerita tentang si cowok yang enggak nyangka kalau hubungannya telah berakhir.

Sebagai bentuk perayaan ulang tahunnya yang kesepuluh pada tahun 2015 lalu, Super Junior merilis single Magic dari album Devil. Single ini sukses mengobati kerinduan ELF.

Perjalanan karier Super Junior yang ke-12 tahun semakin meriah dengan single yang dirilis, yakni One More Chance.

(Baca juga: 13 Seleb Kpop yang Comeback dan Debut di November 2017. Siapa yang Paling Ditunggu?)