Ketahui Manfaat dan 5 Cara Memakai Cuka Apel untuk Membasmi Ketombe

By Marcella Oktania, Senin, 18 Desember 2017 | 03:00 WIB
smuggbugg.com (Marcella Oktania)

Punya masalah dengan ketombe yang enggak ada habisnya? Waktunya sembuhkan dengan cuka apelgirls! Cara ini dianggap paling mudah dan murah, lho.

Cuka apel berfungsi sebagai antibakteri yang bisa membuat kulit kepala kita tetap sehat, termasuk menghilangkan ketombe di kulit kepala kita. Selain itu, cuka apel juga punya kandungan yang bisa menetralkan pH di kulit kepala kita dan mengurangi minyak berlebih yang bisa mengakibatkan ketombe. 

Yuk kita cek cara manggunakan cuka apel untuk mengatasi ketombe!

(Baca juga: Ini Penyebab Munculnya Ketombe yang Selama Ini Enggak Kita Sadari)

Memijat kulit kepala dengan cuka apel adalah salah satu cara terampuh dan termudah yang bisa kita gunakan, lho. Ini karena cuka apel akan meresap ke kulit kepala dan folikel rambut, membunuh kuman, dan mengurangi produksi minyak berlebih pada rambut kita yang menyebabkan ketombe.  

Gunakan 3 sdm cuka apel dan pijat kulit kepala kita dengan lembut. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan keramas seperti biasa. Gunakan cara ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang memuaskan. 

(Baca juga: Yuk Atasi Rambut Rontok dengan DIY Hair Mask Daun Jambu, Super Gampang!)

Enggak cuma menghilangkan ketombe, membilas rambut kita dengan cuka apel bisa membuat rambut jadi bersinar, lebih sehat, dan terawat!

Campurkan 2 sdm cuka apel dan 1 cup air hangat. Keramas rambut kita seperti biasa. Untuk bilasan terakhir, gunakan campuran cuka apel dan segera keringkan rambut kita kembali. Hanya gunakan cara ini 1 kali dalam 2 minggu, ya.