Belajar dari Laksamana Malahayati, Pahlawan Perempuan Indonesia, Tiru 4 Karakternya Agar Jadi Cewek Kuat Yuk!

By Putri Saraswati, Jumat, 10 November 2017 | 10:00 WIB
Laksamana Malahayati (Putri Saraswati)

Kamis (9/11), Presiden Jokowi menetapkan empat nama Pahlawan Nasional baru di Istana Negara.

Keempat Pahlawan Nasional baru itu adalah Zainuddin Abdul Madjid dari NTB, Mahmud Riayat Syah dari Kepri, Lafran Pane dari Yogyakarta dan Laksamana Malahayati dari Aceh.

Nama terakhir mengundang rasa penasaran lebih rakyat Indonesia. Pasalnya belum banyak yang tahu kalau Laksamana Malahayati atau Keumlahayati adalah laksamana wanita pertama di dunia.

Beliau pernah dengan gagah memimpin pasukan yang terdiri atas para janda perang pada abad ke-16 silam. Keumalahayati juga disebut sebagai Penjaga Kesultanan Aceh (Guardian of The Aceh Kingdom).

Kegigihan dan prestasinya patut banget dijadikan contoh nih, girls. Belajar dari Laksamana Malahayati, tiru 4 karakternya berikut ini agar jadi cewek kuat yuk, girls!

(: 9 Pahlawan Perempuan Indonesia yang Enggak Banyak Orang Tahu)

Laksanama Malahayati merupakan keturunnan darah biru. Dia adalah putri dari Laksamana Mahmud Syah. Buyutnya adalah Sultan Salahuddin Syah yang memerintah Kesultanan Aceh Darussalam sekitar tahun 1530-1539.

Ayah Salahuddin Syah adalah Sultan Ibrahim Alu Mughayat Syah, pendiri Kesultanan Aceh Darussalam.

Meski berasal dari keluarga bangsawan, Laksamana Malahayati enggak lantas memanfaatkannya untuk mendapatkan status sosial dengan mudah. Reputasinya sebagai seorang pemimpin handal dia peroleh dengan terlibat langsung dalam urusan negara dan peperangan.

Para tentara dan jenderal menghormatinya karena Keumalahayati membuktikan kehebatan dirinya sebagai Komandan tempur.

(: 4 Pelajaran Hidup Cut Nyak Dhien yang Bisa Bikin Kita Jadi Cewek Hebat Seperti Beliau)