4 Jenis Narsisme yang Perlu Kita Ketahui. Kamu Salah Satunya?

By Indra Pramesti, Selasa, 8 Mei 2018 | 12:30 WIB
Ini dia 4 jenis narsisme yang perlu kita ketahui! (Indra Pramesti)

Narsisme dan kesombongan sering disejajarkan, padahal keduanya memiliki makna yang berbeda. Narsisme adalah sebuah spektrum kepribadian orang yang memiliki sisi positif dan negatif.

Sisi positif dari narsisme adalah kita bisa membentuk kepercayaan diri. Sementara sisi negatifnya adalah sering ditandai dengan selalu mementingkan diri sendiri, kurang rasa empati, dan sering membuat orang di sekitarnya merasa kesal. Gangguan ini sering dinamakan narcissistic personality disorder (NPD).

Narsisme dan kesombongan, kurang lebih berada di antara sisi positif dan negatif tersebut. Bukan suatu kepribadian yang baik, tapi juga enggak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan NPD. NPD sendiri hanya bisa didiagnosa oleh ahli.

Narsisme bisa terjadi pada siapapun, termasuk orang terdekat kita atau bahkan diri kita sendiri. Yuk kenali 4 jenis narsisme berbahaya yang perlu kita ketahui.

(Baca juga:7 Perbedaan Cowok yang Kagum dan Naksir Sama Kita!)

 

Narsisme jenis ini sering ditandai dengan kepribadian seseorang yang sering memaksakan pendapatnya, enggak bisa menjaga omongan dan merasa selalu benar. Orang yang memiliki narsisme jenis ini cenderung menjadi bully dan memandang rendah orang-orang di sekelilingnya.

Narsisme jenis ini sangat sulit dideteksi, karena orang yang memilikinya sering menunjukkan perilaku yang berkebalikan alias licik. Covert Narcissism ditandai dengan orang yang sering berpura-pura baik dan lembut hatinya. Padahal kenyataannya, dia adalah orang yang manipulatif dan sering berpura-pura menyanjung orang terdekatnya demi keuntungan dirinya sendiri.

Orang dengan narsisme jenis ini sering memanfaatkan orang lain untuk menguntungkannya dalam hal kekayaan, kekuatan, ketenaran, dan lain sebagainya tergantung dari apa yang dia inginkan.

(Baca juga: Menurut Orang Korea, Tahi Lalat Bisa Menunjukkan Nasib Percintaan Kita. Seperti Apa Nasib Percintaanmu?)

 

Narsisme jenis ini sering ditandai dengan orang yang suka melempar pujian kepada orang lain semata-mata agar dia nantinya bisa dipuji dengan pujian yang sama. Setelah dia mendapatkan respon yang sepadan, orang dengan narsisme ini akan meninggalkan korbannya tersebut, dengan bersikap dingin dan mengacuhkannya.

Vindictive narcissism adalah jenis narsisme yang paling berbahaya dibandingkan dengan narsisme lain. Seseorang dengan narsisme jenis ini enggak segan untuk menghancurkan hidup korbannya.

Orang dengan vindictive narcissism menunjukkan ciri-ciri yang mirip dengan covert narcissism. Yakni sering memaksakan kehendak, enggak bisa menjaga omongan, dan merasa selalu benar. Apapun akan dia lakukan untuk mneghancurkan korbannya, termasuk dengan cara mempengaruhi orang lain agar berpihak kepadanya.  

(Baca juga: 5 Tanda Gebetan Kita Adalah Calon Pacar yang Posesif, Hati-hati!)