6 Jenis Kesendirian Menurut Psikologi. Kamu Pernah Ngerasain yang Mana?

By Indra Pramesti, Selasa, 19 Desember 2017 | 09:29 WIB
Kamu pernah ngerasain yang mana? (Indra Pramesti)

Dalam hidup, kita pasti ngerasain pernah sendirian dan enggak ada teman. Kesendirian atau loneliness adalah keadaan kompleks dan biasanya merupakan bentuk respon emosi yang enggak mengenakkan.

Biasanya orang yang merasakan kesendirian sering merasa gelisah dan kurangnya koneksi atau hubungan dengan dunia luar. Menurut psikologi, ternyata disebutkan ada 6 jenis kesendirian atau loneliness. Kamu pernah ngerasain yang mana girls?

(Baca juga: Simak Pendapat Cewek Indonesia Soal Alasan Mengutip Quotes Buat Posting di Instagram)

Interpersonal loneliness adalah jenis kesendirian yang paling umum dialami oleh banyak orang. Biasanya hal ini terjadi karena orang tersebut enggak lagi merasa dekat dengan seseorang yang penting dalam hidupnya, misalnya pacar atau sahabat dekat.

Interpersonal loneliness bisa diatasi dengan komunikasi yang baik, kedekatan, dan kasih sayang.

Social loneliness dirasakan seseorang yang merasa diusir dari grup yang  menurutnya sangat penting. Biasanya, jenis kesendirian ini akibat dari penolakan untuk ikut bergabung dalam suatu grup tertentu.

Cultural loneliness terjadi ketika seseorang merasa dipisahkan dari hidup atau sebuah sistem tradisi. Biasanya kesendirian ini sering dialami para minoritas yang merasa enggak bisa menjadi bagian dari mereka yang mainstream dan dominan.

(Baca juga: Alasan Kita Enggak Boleh Menghina Fisik Seseorang dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Diri Orang Itu)