Cewek Wajib Tahu 5 Fakta Penting Tentang Labia, Si Bibir Vagina

By Indra Pramesti, Selasa, 16 Januari 2018 | 03:30 WIB
Yuk kenali fakta penting seputar labia! (Indra Pramesti)

Sebagai seorang, penting bagi kita untuk tahu lebih banyak soal organ intim yang dimiliki. Tujuannya supaya kita lebih paham lagi gimana cara merawatnya dengan tepat.

Kalau selama ini kita cuma tahu soal vagina, ada bagian yang dinamakan labia yaitu bagian yang merupakan bibir vagina. Yuk kenali 5 fakta penting yang cewek wajib tahu tentang labi, si bibir vagina.

(Baca juga: 5 Tindakan yang Enggak Sadar Kita Lakukan Ini Bisa Bikin Vagina Gatal)

Labia merupakan bagian eksternal dari female genitalia dan memiliki dua bagian yaitu labia majora (labia bagian luar) dan labia minora (labia bagian dalam yang terletak di dalam labia majora).

Keduanya memiliki bentuk dan penampakan yang berbeda. Labia majora memiliki bentuk yang lebih besar, berlemak, berada di bagian terluar, dan memiliki rambut.

Sementara untuk fungsinya, kedua bagian labia ini memiliki fungsi yang serupa, yatu menjaga klitoris dan bukaan pada vagina dan urethra yang berfungsi sebagai jalan keluarnya air seni.

(Baca juga: 9 pertanyaan tentang penyakit menular seksual akhirnya terjawab)

Sama seperti wajah manusia, labia juga memiliki bentuk yang berbeda-beda antara satu perempuan dengan perempuan lainnya.

Bukan hanya bentuknya saja, tapi juga warna, ukuran, panjang, dan juga jumlah rambut pada area tersebut.

Kalau kita menemukan gejala enggak wajar pada labia seperti merasa nyeri, luka, gatal-gatal, disertai rasa terbakar atau perih, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke ginekologis.