8 Cara Agar Kuteks Tahan Lebih Lama & Enggak Gampang Terkelupas

By Marcella Oktania, Kamis, 28 Desember 2017 | 12:45 WIB
Caranya mudah dan dijamin bakal bikin kuteks kita tahan sangat lama! (Marcella Oktania)

Enggak cuma rambut, wajah, dan pakaian aja yang perlu tampilan kece, kuku kita juga butuh, lho. Itulah mengapa kita sering banget mengaplikasikan kuteks ke kuku kita.

Cuma yang nyebelin adalah kalau kita baru aja mengaplikasikan kuteks dan sejam kemudian sudah mulai terkelupas! Kita pasti bakal bete dan malas untuk memoles ulang. Makanya, yuk ikuti 8 cara supaya kuteks tahan lama dan enggak gampang terkelupas!

(Baca juga: 6 Kuteks Hitam di Bawah 100 Ribu yang Bikin Penampilan Makin Keren)

Sebelum mengaplikasikan base coat, coba gunakan cuka biasa terlebih dahulu. Ini untuk menghilangkan minyak alami yang diproduksi kuku kita agar enggak ada penghalang antara kuku dan kuteks. Aplikasikan cuka dengan cotton bud dan tunggu hingga kering sebelum mengaplikasikan base coat.

Base coat memang penting untuk mencegah kuteks kita cepat terkelupas. Tapi, menggunakan base coat dua kali lebih ampuh, lho. Cuma kalau merasa berat, coba fokuskan penggunaan base coat pada ujung kuku kita yang lebih rentan terkelupas. 

(Baca juga: 18 Warna Kuteks Ini Bisa Memberi Tahu Kepribadian yang Sebenarnya, Apa Warna Kesukaanmu?)

Kalau kita mengaplikasikan kuteks hingga mengenai kutikula, nantinya kuteks bakalan "terangkat" dan lebih mudah terkelupas, sengaja maupun enggak sengaja. Walaupun begitu, jangan menggunting kutikula kita, ya. Lebih baik, dorong saja secara perlahan setelah menggunakan minyak alami terlebih dahulu.

Kita harus memastikan kuteks harus diaplikasikan ke bagian terujung kuku kita, nih. Cara ini memastikan kuteks enggak gampang terkelupas juga, lho.