5 Kisah Menakjubkan Pelarian Orang Korea Utara. Bikin Enggak Nyangka!

By Indah Permata Sari, Minggu, 11 Maret 2018 | 10:37 WIB
5 Kisah Menakjubkan Pelarian Orang Korea Utara. Bikin Enggak Nyangka! (Indah Permata Sari)

Pergi meninggalkan negara yang selama ini kita tinggali dan hidup sejak kecil bukan hal yang mudah. Begitu juga dengan para pengungsi atau penduduk Korea Utara yang memutuskan untuk lari dari negara mereka.

Menanggung tanggungjawab sebagai ‘pembelot’ yang mengkhianati negaranya sendiri akan selalu dirasakan oleh mereka yang lari dari Korea Utara. Ini 5 kisah menakjubkan pelarian orang Korea Utara. Bikin enggak nyangka!

Park Yeonmi adalah cewek kelahiran 4 Oktober 1993 di Hyesan, Korea Utara dan dia memutuskan untuk pergi meninggalkan negara kelahirannya karena sudah berkali-kali melihat orang-orang terdekatnya yang tewas terbunuh.

Dilansir dari laman telegraph.co.uk, Yeonmi masih berumur 9 tahun ketika dia pertama kali melihat eksekusi seseorang, karena eksekusi tersebut dilakukan di depan umum.

Yeonmi dan keluarganya memutuskan untuk meninggalkan Korea Utara dan lari ke Cina, tapi di Cina pun mereka mendapatkan perlakuan diskriminasi. Akhirnya Yeonmi bisa mencapai Korea Selatan dan dia sekarang menjadi aktivis yang memperjuangkan kesadaran akan mirisnya orang-orang Korea Utara.

(Baca juga : )

Baru-baru ini netizen banyak memperbincangkan mengenai seorang tentara dari Korea Utara yang melarikan diri dari negaranya dan terdapat sebuah video pelariannya.

Dilansir dari laman cnn.com, tentara dengan inisial nama Oh ini secara dramatis lari menyeberangi perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan dan sempat mengalami luka tembak dengan pendarahan yang cukup parah dan berhasil diselamatkan oleh tentara Korea Selatan.

Dilansir dari laman alkpop.com, Oh dibawa ke Ajou Universuty Hospital di Suwon dan ditangani oleh dokter Lee Cook Jong. Fyi, selama masa pemulihan Oh banyak mendengarkan lagu Kpop dan dia mengaku sebagai fans dari Girls Generation, lho!

(Baca juga : )