Wajib Tahu! 13 Fakta di Balik Fashion Week yang Rutin Diadakan Setiap Tahun

By Ifnur Hikmah, Jumat, 30 Maret 2018 | 06:30 WIB
foto: bbc.co.uk (Ifnur Hikmah)

Mungkin kita sudah akrab dengan istilah fashion week. New York Fashion Week, London Fashion Week, Paris Fashion Week, dan Milan Fashion Week merupakan pagelaran fashion yang paling terkenal.

DI Indonesia juga ada, Jakarta Fashion Week. Namun, penasaran enggak, sih, sebenarnya fashion week ini apa?

Wajib tahu, nih! Ini 13 fakta di balik fashion week yang rutin diadakan setiap tahun.

(Baca juga: contek 8 tips kecantikan ala model Victoria's Secret agar selalu tampil flawless)

#1. Fashion Week adalah event fashion khusus tempat para , dan bisa jadi panduan tren season itu.

Pada event ini dipamerkan baju-baju prêt-à-porter dan haute couture. Di fashion week kita bisa melihat trend baju, aksesori dan sepatu terbaru juga.

#2. Prêt-à-PorterBahasa sederhananya: Baju jenis ini baju yang langsung bisa dipakai, tersedia dalam berbagai ukuran. Baju-baju yang tersedia di mall umumnya siap pakai.

Tapi beberapa desainer juga punya baju yang prêt-à-porter dan pastinya jumlah terbatas untuk satu model dan harganya lebih mahal. Baju-baju inilah yang diperagakan dalam fashion week.

(Baca juga: inspirasi fashion ala Yuri 'SNSD' untuk dipakai ke kampus)

#3. Haute Couture. Istilah yang diambil dari bahasa Perancis ini artinya  atau satu orang dengan bahan-bahan dari kualitas nomor satu.

Baju haute couture sangat mementingkan detail. Sering dikerjakan oleh penjahit khusus, malah ada beberapa baju haute couture yang dijahit tangan dengan teliti dan detail yang luar biasa. Makanya baju-baju seperti ini sangat mahal.

#4.  Bulan Januari-April desainer memamerkan koleksi autumn dan winter. September-November yang dipamerkan adalah koleksi spring dan summer.