Selain Ed Sheeran, 9 Seleb Ini Juga Menerima Gelar Kebangsawanan Kerajaan Inggris

By Putri Saraswati, Sabtu, 28 April 2018 | 10:09 WIB
10 seleb yang menerima gelar kebangsawanan dari kerajaan Inggris. (Putri Saraswati)

Kabar membanggakan datang dari musisi Ed Sheeran. Kamis (7/12) lalu, mendapat penghargaan gelar kebangsawanan MBE (Member of the Most Excellent Order of the British Empire) dari kerajaan Inggris.

Penghargaan yang diberikan langsung oleh Pangeran Charles di Istana Buckingham, London. Gelar MBE ini didapatkan oleh Ed karena prestasinya di bidang musik dan jasanya dalam bidang kemanusiaan.

Sebelum Ed, ada banyak deretan seleb yang juga mendapat penghargaan dari kerajaan Inggris lho, girls! Penasaran siapa aja? Yuk intip 7 di antaranya!

(: 8 Fakta Mengejutkan yang Terjadi Setelah Menikah dengan Anggota Kerajaan Inggris)

Order of the British Empire atau Ordo Imperium Britania adalah ordo ksatria atau gelar kebangsawanan yang diperuntukkan bagi kalangan sipil dan militer.

Mulai diberikan sejak 4 Juni 1917 oleh Raja George V, gelar kebangsawanan ini terdiri dari lima tingkatan, yakni Knight atau Dame Grand Cross (GBE), Knight atau Dame Commander (KBE atau DBE), Commander (CBE), Officer (OBE) dan Member (MBE).

Gelar Knight dan Dame, baik GBE atau KBE dan DBE, diberikan pada orang-orang yang dianggap inspiratif dan signifikan pada bidang tertentu yang digelutinya dalam waktu lama.

Sedangkan CBE diberikan pada orang yang membuat kontribusi beda dan inovatif pada level regional atau nasional.

OBE dianugerahkan pada mereka yang memegang peranan besar dalam sebuah aktivitas atau proyek dalam suatu bidang yang membuatnya dikenal dalam tingkat nasional.

Terakhir MBE diberikan untuk orang yang memiliki pencapaian luar biasa dalam bidang tertentu atau atas jasanya untuk komunitas.