7 Kata-kata Yang Sering Salah Penulisan di Lagu Indonesia

By Indra Pramesti, Rabu, 21 Maret 2018 | 15:00 WIB
Ini dia kata-kata yangs eirng salah penulisan di lagu Indonesia! (Indra Pramesti)

Kamu suka dengerin lagu dari musisi Indonesia? Kereen, itu artinya kita tahu gimana caranya menghargai hasil karya anak negeri. Nah, tapi saat lagi dengerin sambil baca lirik lagunya, pernah nyadar enggak kalau ada beberapa kata-kata di lirik lagu Indonesia yang salah eja atau pun pengucapan. Cewekbanget udah merangkum beberapa kata-kata yang sering salah tulis nih!

(Baca juga: 10 Rekomendasi Buku Yang Wajib Kita Baca Sebelum Berusia 17 Tahun!)

Banyak banget lagu-lagu dari musisi Indonesia yang menggunakan kata ‘fikir’. Padahal dalam kamus KBBI sendiri, penulisan yang benar bukan ‘fikir’ lho, tapi ‘pikir’.

Sama halnya dengan kata ‘fikiran’ yang seharusnya ditulis ‘pikiran’.

Selain ‘fikir’, kata lainnya yang sering digunakan dalam lagu-lagu Indonesia adalah ‘nafas’, seperti pada lagu ‘Separuh Nafas’ milik Dewa 19. Penulisan ‘nafas’ ternyata salah lho, karena yang benar seharusnya adalah ‘napas’

Kata ‘merubah’ juga sering kita temui di beberapa lirik lagu karya musisi Indonesia. Pada kenyataannya, kata ‘rubah’ ketika diberi imbuhan ‘me-’ maka akan menjadi ‘mengubah’.

Berdasarkan KBBI, ‘sekedar’ bukan lah kata yang baku, meski kita sering menemuinya di beberapa lagu karya musisi dalam negeri. Seharusnya penulisan yang tepat adalah ‘sekadar’.

(Baca juga: 5 Drama Korea yang Pasangan Utamanya Sama-sama Punya Pacar di Dunia Nyata. Kamu Menyadarinya?)

Kata ‘hembus’ sering digunakan dalam lirik-lirik lagu yang puitis. Tapi sebenarnya, kata ‘hembus’ memiliki kesalahan dalam pengejaan lho. Karena ejaan yang benar seharusnya ‘embus’.

Kata ‘sorga’ dalam lagu Gigi, ‘Pintu Sorga’, ternyata memiliki ejaan yang salah lho.Karena  yang benar seharusnya adalah ‘surga’.

Lagu baru berjudul ‘Kids Jaman Now’ juga punya ejaan yang salah pada kata ‘jaman’. Karena yang benar seharusnya adalah ‘zaman’.

(Baca juga: Selain Ed Sheeran, 9 Seleb Ini Juga Menerima Gelar Kebangsawanan Kerajaan Inggris)