Ternyata, 6 Negara di Dunia Ini Tidak Punya Bandara. Pernah Sadar Enggak?

By Debora Gracia, Sabtu, 3 Maret 2018 | 11:02 WIB
Mau mengunjunginya? (Debora Gracia)

Bandara adalah pelabuhan udara tempat pesawat untuk terbang dan mendarat. Umumnya, setiap negara punya bandara untuk bisa melakukan transportasi jarak jauh lewat udara. Tapi, ternyata, 6 negara ini enggak punya bandara sendiri, lho! Sehingga kalau pengin ke sana, harus menempuh perjalanan cukup jauh dari negara tersebut. Negara apa saja? Yuk, disimak!

Negara dengan deaseluas 109 hektar yang terletak di tengah kota Roma, Vatikan tidak memiliki bandara sendiri. Kita bisa mengunjunginya melalui ibu kota Italia.

Negara terkecil ke lima di dunia yang punya penduduk sekitar 33.000 jiwa ini enggak punya bandara sendiri. Tapi, kalau berkunjung ke sini, kita bisa melalui Bandara Internasional Federico Fellini di Rimini, Italia.

Negara terkecil kedua di dunia setelah Vatikan ini dapat kita datangi melalui Bandara Internasional Nice Côte d'Azur Perancis, yang berjarak hanya 25 menit. Negara yang terkenal dengan sirkuit balap Formula Satu ini memiliki populasi hanya 38.500 jiwa.

Palestina adalah negara yang enggak punya bandara sendiri. Kalau kita mau ke sana, harus melalui Bandara Internasional Ben Gurion di Israel yang berjarak 42 kilometer dari Betlehem.

(Baca juga: 8 Bandara Terburuk di Dunia Menurut Pilot dan Kru Kabin. Bisa Menebak di Mana Saja?)

Negara ini masuk ke dalam deretan negara terkecil di dunia. Kalau mau ke Liechtenstein, kita harus melalui Bandara St. Gallen-Altenrhein di Swiss yang berjarak 38,6 kilometer dari ibu kota.