7 Bahan-Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Rambut Bercabang

By Jana Miani, Jumat, 23 Februari 2018 | 13:14 WIB
rambut bercabang (Jana Miani)

Rambut bercabang sering jadi masalah rambut apalagi yang memiliki rambut kering. Biasanya rambut akan terlihat kemerahan dan bagian ujungnya membelah dua. Rambut bercabang biasanya mudah rapuh dan bikin rambut jadi kehilangan kilau alaminya. Kalau kita mengalami masalah rambut ini, coba yuk atasi dengan bahan-bahan alami ini.

Berikut ini 7 bahan-bahan alami yang dapat mengatasi rambut bercabang.

(Baca juga: 3 Minuman Ini Bisa Membuat Kulit Sehat & Bercahaya Seperti Cewek Korea)

Alpukat mengandung banyak vitamin dan kandungan seperti protein dan asam lemak yang dapat mengembalikan elastisitas rambut dan membuat rambut jadi lebih halus dan lembap. Cara menggunakan alpukat sebagai perawatan rambut yaitu  dengan menumbuk alpukan kemudian campur dengan satu sendok minyak zaitun dan oleskan pada rambut selama 30 menit. Setelah itu bilas dan cuci dengan sampo. Lakukan perawatan rambut ini seminggu sekali.

Madu kaya akan vitamin dan antioksidan. Madu dapat melindungi rambut dari radikal bebas yang bisa merusak rambut. Gunakan madu sebagai masker dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dengan 4 cangkir air hangat. Kemudian cuci rambut seperti biasa setelah itu bilas dengan campuran madu dan biarkan selama beberapa menit dan bilas kembali.

Kandungan vitamin A, C & E yang terdapat pada pisang dapat membuat rambut jadi lebih halus dan mencegah kerusakan rambut. Sementara kandungan zinc dan kaliumnya membuat rambut jadi kuat dan lembap. Gunakan pisang sebagai masker rambut dengan mencampurkan satu buah pisang, 2 sendok yoghurt dan perasan lemon.

(Baca juga: Menurunkan Berat Badan dan 6 Manfaat Lain Ketumbar untuk Kecantikan)

Telur memiliki 70% protein keratin yang dapat membentuk helaian rambut yang rusak. Protein juga dapat mengisi rambut yang rambuh sehingga lebih halus dan kuat. Gunakan kuning telur yang sudah dicampurkan minyak zaitun dan madu. Setelah menggunakan masker ini, cuci rambut dengan sampo untuk menghilangkan baunya.