Keren, Ini Dia 5 Komunitas Terpilih #MudaBergerak. Wajib Tahu!

By Debora Gracia, Jumat, 22 Desember 2017 | 04:11 WIB
5 Komunitas Bersama #MudaBergerak (Debora Gracia)

#MudaBergerak adalah sebuah gerakan untuk mengakselerasi dan membesarkan dampak baik komunitas sosial melalui teknologi dengan kolaborasi bersama developer dan desainer. Putri Tanjung merupakan penginisiasinya, founder sekaligus CEO dari Creativepreneur Event Creator.

Setelah #MudaBergerak membuka pendaftaran pada 20 Oktober 2017, sudah terjaring 284 komunitas sosial dari 78 kota di seluruh Indonesia. Setelah melewati beberapa rangkaian seleksi, akhirnya terpilih lah 5 komunitas. Kelima komunitas tersebut diberikan kesempatan untuk mengikuti Bootcamp. Dan sekarang tiba waktunya, kelima komunitas itu mempresentasikan bagaimana perkembangan dan hasil dari perencanaan yang sudah mereka jalani selama mengikuti Bootcamp tersebut.

Kira-kira komunitas apa saja ya yang terpilih? Dan usaha apa saja yang sudah mereka lakukan untuk bergerak menjadi lebih baik? Yuk kita simak!

For Children Foundation

For Children Foundation adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang berfokus pada isu bullying pada anak Indonesia. Sebuah komunitas yang didirikan pada tahun 2015. Komunitas ini dilatarbelakangi oleh pengalaman foundernya sendiri, Acep Saepudin yang sering mendapatkan tindakan bullying secara verbal dan fisik selama 12 tahun.

“Saya enggak ingin adik-adik di Indonesia merasakan bullying kayak yang saya rasakan selama 12 tahun. Saya enggak ingin mereka tertekan dan depresi,” kata Acep.

Garda Pangan

“Kita punya visi besar ‘Indonesia bebas lapar’ nah berangkat dari situ, kita mengusahakan gimana caranya makanan-makanan yang tersisa itu enggak menambah beban di TPA. Jadi kita berangkat awalnya dari kegelisahan itu sih,” kata Rohma, salah satu anggota Garda Pangan.

Suatu komunitas asal Surabaya ini menjadi pusat koordinasi makanan surplus yang berpotensi terbuang yang disalurkan pada masyarakat yang membutuhkan. Kalau makan dihabiskan ya girls agar enggak tersisa dan terbuang sia-sia!

Gerakan Mendongeng Indonesia

Hilangnya budaya mendongeng di Indonesia membuat para anak muda asal Malang ini tergerak hatinya. Banyak anak kecil yang sudah enggak merasakan didongengin lagi sebelum tidur. Fathur, salah satu anggota komunitas Gerakan Mendongeng Indonesia berharap dengan mendirikannya komunitas ini, orang tua di Indonesia mau mendongengkan anak-anaknya lagi dan anak-anak di Indonesia enggak menganggap dongeng sebagai hal yang kuno lagi.

Indonesia Berbicara