Bikin Ngiler, Yuk Intip 7 Museum Makanan Paling Unik di Dunia!

By Putri Saraswati, Senin, 8 Januari 2018 | 05:35 WIB
Museum makanan paling unik di dunia. (Putri Saraswati)

Pecinta kuliner pastinya harus banget datang berkungkung ke 7 museum makanan paling unik di dunia berikut ini. Mulai dari museum kentang goreng di Belgia sampai museum ramen di Jepang, semua menggugah selera banget. Belajar sambil ngisi perut nih, he-he.

(: Tempat wisata Indonesia yang sering dikunjungi seleb Hollywood)

Terdiri dari tiga bagian, Frietmuseum membawa pengunjung menelusuri jejak sejarah kentang dan salah satu olahannya, kentang goreng dengan sekitar 400 objek kuno yang ditampilkan. Di akhir tur, pengunjung juga bisa mencicipi berbagai varian kentang goreng yang pastinya enak banget nih.

Dalam museum ini terdapat lebih dari 5676 koleksi mustard yang berasal dari 50 negara bagian dan lebih dari 70 negara. Pengunjung bisa melihat iklan-iklan jadul produk mustard hingga contoh kaleng-kaleng kemasan mustard dari masa lampau.

Dikenal sebagai ‘Kota Keju’, Alkmaar pada dasarnya adalah kiblat buat semua pecinta keju. Selain terkenal dengan pasar kejunya, Alkmaar juga ternyata punya Museum Keju Belanda lho. Di sini pengunjung bisa belajar tentang cara pembuatan dua jenis keju Belanda paling terkenal, Edammer dan Gouda.

Tahu enggak sih kalau pencetus pertama ide makanan dessert gelatin rasa buah ini ternyata seorang tukang kayu? Di museum ini kita bisa dapat pengetahuan soal sejarah terbentuknya perusahaan Jell-O hingga iklan dan kemasan jadul brand yang terbentuk pada tahun 1897 tersebut.

Pulang dari museum ini, pengetahuan kita soal jenis-jenis kimchi dari berbagai daerah serta cara pembuatannya pasti akan bertambah. Kita juga bakal belajar tentang pengaruh penting makanan fermentasi tradisional ini pada perkembangan budaya dan kuliner Korea.