Memperingati Hari Sejuta Pohon, Ini 4 Fakta Mengerikan tentang Kondisi Bumi Sekarang

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 10 Januari 2018 | 04:30 WIB
foto: water.usgs.gov (Kinanti Nuke Mahardini)

Pernah enggak kita bertanya pada diri kita sendiri tentang berapa usia bumi saat ini? Lantas, apa yang akan terjadi jika bumi sudah mulai menua?

Perlu diketahui, bahwa saat ini bumi sudah berusia 4,467 miliar tahun. Usia yang sangat tua ya, girls! Bumi yang semakin menua ini ternyata dibarengi dengan memburuknya kondisi bumi yang kita tinggali.

Kalau enggak percaya, yuk kita tengok 4 fakta menyeramkan tentang kondisi bumi saat ini:

(Baca juga: 5 Wisata Unik yang Jadi Incaran Turis Manca Negara. Ada yang Terlihat Mengerikan, Lho!)

Dilansir dari worldmeters, saat ini jumlah manusia di bumi mencapai 7,6 miliar jiwa. Pertumbuhan setiap harinya mencapai 100 ribu jiwa lho, girls!

Satu individu membutuhkan sekitar 5 – 7 liter air setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan dirinya. Mulai dari minum hingga mandi.

Meskipun 71 persen permukaan bumi ditutupi oleh air, namun dilansir dari water.usgs.gov, ketersediaan air bersih di dunia hanya tersisa 332,5 juta meter kubik.

National Academy of Science bahkan mengatakan bahwa di tahun 2060, bumi bisa kekurangan air!

Jika dilihat dari peta ketersediaan air tanah di Indonesia hingga November 2017 yang dibuat oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, ketersediaan air bersih yang melimpah hanya terdapat di Papua dan Pulau Kalimantan.

Bagaimana di Pulau Jawa dan sekitarnya? Di Pulau Jawa dan sekitarnya, ketersediaan air bersih hanya mencapai batas cukup.

Bahkan di daerah Lampung dan sekitarnya, sudah kekurangan air bersih.

(Baca juga: 5 Seleb Korea yang Ternyata Punya Ibu Seleb Terkenal. Sama-sama Bikin Kagum!)

Satu orang membutuhkan sekitar 7 hingga 8 liter oksigen setiap menitnya. Jika dihitung satu hari, maka kita membutuhkan 10.080 hingga 11.520 liter oksigen.

Dilansir dari greenfuture.io, satu individu membutuhkan sekitar 420 pohon untuk memasok oksigen untuk dirinya setiap tahun. Jumlah pohon yang menghasilkan oksigen saat ini hanya 3 milyar pohon.

Jika jumlah pohon yang menghasilkan oksigen kita bandingkan dengan jumlah manusia di bumi, maka bisa dibilang kita sangat kurang soal pasokan pohon yang menghasilkan oksigen.

Saat ini pohon yang tersedia di seluruh dunia sekitar 3 milyar batang, tetapi tahukah bahwa pohon tersebut berkurang setiap tahunnya?

Dilansir dari greenfuture.com, setiap negara setidaknya menebang 15 juta pohon setiap tahunnya.

Belum lagi lahan tempat menanam pohon dikonversi menjadi lahan industri. Saat ini, Indonesia hanya menyisakan 126 juta hektar tempat menanam pohon.

Melihat kondisi di atas, kita tidak bisa diam saja ya girls! Kita membutuhkan pohon yang memiliki banyak manfaat.

Dilansir dari nationalgeographic, pohon bisa mengurangi kadar CO2 dan menghasilkan O2. Selain itu, pohon juga bisa meresap air hujan ke tanah yang akan meningkatkan cadangan air tanah.

Ujungnya, kesejahteraan manusia kembali meningkat.

Di hari sejuta pohon sedunia 2018 ini, kita harus bisa melakukan banyak hal untuk keselamatan bumi. Di India, mereka sudah menanam 66 juta pohon dalam waktu 12 jam.

Kenapa tidak untuk di Indonesia? Tanam dan rawatlah satu pohon untuk diri kita dan orang lain. Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia!

(Baca juga: 6 Penyanyi Solo dan Duo ini Diharapkan Segera Comeback oleh Netizen Korea. Ada Idola Kamu?)