5 Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Perusahaan di Indonesia. Wajib Tahu!

By Debora Gracia, Jumat, 26 Januari 2018 | 05:34 WIB
Menjanjikan! (Debora Gracia)

Kalau sekarang kamu termasuk pelajar SMA yang lagi galau banget mau ngambil jurusan kuliah apa nanti setelah lulus, siapa tahu ini bisa jadi referensi. Sederet jurusan kuliah ini mempunyai karier yang jelas di masa depan dan juga banyak diminati oleh perusahaan Indonesia. Dilansir dari Hai, menurut Dino Martin, CEO dari Karir.com, ini 5 daftar jurusan kuliah paling banyak dicari perusahaan di Indonesia.

Faktor jurusan desain banyak diminati perusahaan tentunya karena saat ini di Indonesia, perusahaan digital sedang berkembang cepat. Enggak hanya itu, apa pun sekarang kaitannya dengan teknologi. Sehingga segala hal yang hubungan dengan desain termasuk membuat halaman web, jadi dicari.

Perusahaan enggak sekadar mencari desainer web yang general, alias umum. Perusahaan akan mencari desainer web yang memiliki kemampuan spesifik seperti UX (User Xperience) dan UI (User Interactive Desainer). Posisi ini tentunya juga punya gaji yang lebih besar daripada yang umum saja.

Jurusan satu ini memang erat banget kaitannya dengan matematika, tapi jangan salah, lulusan dari jurusan ini akan banyak dicari perusahaan. Bukan tanpa alasan, 4-5 tahun mendatang, jurusan dunia digital Indonesia akan semakin kompleks dan memiliki putaran data yang besar. Sehingga analis data yang kuat pasti dibutuhkan. Seorang lulusan statistik juga bisa jadi ahli aktuaria di perusahaan asuransi, yang tentunya memiliki masa depan yang jelas.

(Baca juga: Kenal Lebih Jauh dengan Jurusan Kuliah Aktuaria yang Menjanjikan)

Mungkin kelihatannya jurusan kedokteran itu mainstream, tapi jurusan ini masih mempunyai jenjang karier yang jelas ke depannya. Jurusan ini dinilai mampu melahirkan lulusan dengan prospek kerja menjanjikan, apalagi bidang kedokteran banyak jenisnya, mulai dari dokter mata, gigi, THT, dokter spesialis, dan lainnya.

Saat ini dan sampai ke depannya, tenaga dokter masih dibutuhkan dan lapangan pekerjaan pun sangat luas.

(Baca juga: Harus Tahu, Ini 5 Jurusan Kuliah yang Menantang untuk Cewek Ekstrovert!)