7 Benda Ini Dilarang Beredar di Korea Utara. Bikin Enggak Nyangka!

By Debora Gracia, Jumat, 19 Januari 2018 | 13:47 WIB
Bakalan bikin kamu enggak nyangka! (Debora Gracia)

Berbeda dengan Korea Selatan, Korea Utara dikenal sebagai negara yang tertutup pada dunia internasional. Tapi justru itu bikin banyak penasaran dan pengin tahu tentang Korea Utara. Ada banyak peraturan di Korea Utara yang mungkin terdengar aneh untuk negara lain, termasuk beberapa benda yang dianggap ilegal di negara pimpinan Kim Jong Un ini.

Ini 7 benda yang dilarang beredar di Korea Utara. Bakalan bikin kamu enggak nyangka.

Dalam urusan fashion, di Korea Utara tidak akan ditemukan seperti fashion budaya Barat. Kim Jong Un membuat jeans dan jenis pakaian Barat di 2 wilayah yang berbatasan dengan Tiongkok. Sepatu pun adalah desain lokal dari negara mereka sendiri, bukan desainer dunia.

Pembalut dan tampon enggak akan bisa kita lihat di Korea Utara. Bagi cewek sedang menstruasi akan menggunakan reusable, pembalut yang bisa dipakai lebih dari satu kali.

Hanya ada 1 juta warga Korea Utara dari populasi 15 juta jiwa, yang memiliki ponsel. Tapi, mereka enggak bisa melakukan panggilan internasional dan ada pembatasan jaringan 3G.

Kalau ada warga asing yang memasuki negara ini, bisa membeli kartu SIM pra-bayar untuk panggilan luar negeri saja.

(Baca juga: 12 Hal yang Hanya Ada di Korea Utara. Bikin Enggak Nyangka!)

Hanya ada 4 saluran TV resmi yang ada di Korea Utara. Karena penyensoran oleh pemerintah begitu kuat sehingga tidak memungkinkan jenis televisi lainnya untuk tayang.