Hindari 6 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit Sebelum Usia 20 Tahun

By Jana Miani, Selasa, 22 Mei 2018 | 11:50 WIB
jeon somi (Jana Miani)

Sebelum memasuki usia 20 tahun pasti kita sering mengalami kulit kusam dan berjerawat. Ada beberapa hal yang harus kita hindari nih girls supaya saat memasuki usia 20 tahun wajah jadi lebih kinclong dan flawless.

Hindari 6 kebiasaan buruk yang merusak kulit sebelum usia 20 tahun.

(Baca juga: 3 Bahan Dasar Make-Up Yang Harus Dihindari Wajah Berpori-Pori Besar)

Walaupun kita mungkin hanya memakai bedak tipis ke sekolah, tapi kita tetap harus membersihkan wajah karena kotoran bukan hanya berasal dari makeup tapi juga debu dan keringat yang menutupi pori-pori wajah bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Sunscreen biasanya hanya bertahan selama 2 jam saja, girls. Oleh karena itu, kita perlu mengaplikasikan ulang sunscreen supaya wajah tetap terlindungi dari sinar UV seharian. Kita dapat menggunakan sunscreen dala bentuk cushion atau powder supaya lebih praktis dan tetap bikin wajah flawless.

Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit dan pori-pori wajah. Sel kulit mati ini juga membuat wajah jadi terlihat kusam. Makanya kita perlu mengeksfoliasi wajah dengan face scrub atau toner. Pilihlah face scrub dengan butiran yang lembut supaya kulit remaja yang masih halus jadi enggak rusak. Kita juga dapat menggunakan toner yang mengandung salicylic acid untuk menghilangkan sel kulit mati.

(Baca juga: Kulit Super Berminyak? Coba Atasi dengan Konsumsi 9 Makanan Ini!)

Walaupun banyak tugas di sekolah yang menumpuk tapi usahakan untuk menjaga waktu tidur ya, girls. Kulit juga butuh istirahat karena seharian terpapar polusi, debu dan sinar ultraviolet. Begadang malah membuat kulit jadi terlihat semakin kusam dan gelap.