Pengakuan Cewek Indonesia Tentang yang Mereka Rasakan Saat PMS. Kamu Setuju?

By Debora Gracia, Senin, 22 Januari 2018 | 05:53 WIB
Dari sakit yang berlebih, sampai biasa saja (Debora Gracia)

Setiap cewek pasti sudah paham dengan gejala-gejala ‘aneh’ yang tiba-tiba muncul saat waktunya si tamu datang tiap bulan. Premenstrual syndrome atau yang lebih sering dikenal PMS adalah kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi cewek. Gejala-gejala yang ditimbulkan tiap cewek tentu saja berbeda-beda.

Ada beberapa gejala yang dialami tiap cewek lho girls. Mulai dari merasakan sakit berlebihan, sampai ada pula yang biasa saja. Coba yuk kita simak!

Sakit yang berlebihan

Sesudah atau pun sebelum menstruasi, sebagain besar cewek mengalami sindrom. Salah satunya merasakan sakit yang berlebihan. Hal itu terjadi karena menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim seorang cewek. Duh, enggak heran kalau sakitnya sampai berlebihan ya.

“Sakit banget, sensitif jadinya,” Miranda, 20 tahun.

“Sakit, bawaannya pengin marah-marah. Enggak mau diganggu, kalau diganggu bawaannya sensi,” Fitriyani, 20 tahun.

Emosinya terganggu

Bukan hanya kondisi fisik yang terganggu lho girls kalau cewek sedang menghadapi si tamu. Ada beberapa cewek yang juga mengalami gangguan pada kondisi psikologisnya. Jangan heran kalau cewek suka ada yang merasa sedih secara tiba-tiba padahal enggak ada penyebabnya, ya. Bisa jadi itu gejala yang datang dan sudah enggak bisa ditahan.

“H-7 atau H-5 bawaannya pasti sedih. Selalu sedih, bahkan sampe nangis emosi,” Laili, 20 tahun.

“Sebal sampai uring-uringan, sampai ngambek juga,” Atika, 19 tahun.

Merasa enggak percaya diri

Perut melilit yang dirasakan cewek saat menstruasi membuat kita kadang malas untuk bersih-bersih wajah apalagi pakai make up. Setuju enggak girls? Hal itu yang membuat kita jadi merasa enggak percaya diri.