4 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Negara Lain. Enggak Nyangka!

By Debora Gracia, Kamis, 22 Februari 2018 | 13:50 WIB
Sudah tahu belum? (Debora Gracia)

Beberapa nama makanan ini pasti sudah enggak asing untuk kita dengar. Dianggap Bakso sebenarnya berasal dari Cina, tepatnya di Fuzhou, akhir Dinasti Ming. Jadi ceritanya, saat itu ada seorang cowok bernama Meng Bo yang penurut dan sayang banget sama ibunya.

Ketika sang ibu sakit keras dan tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan keras, Meng Bo berusaha membuat makanan yang berasal dari daging tapi lebih lembut.

Saat berpikir keras itu, dia tanpa sengaja melihat tetangganya sedang menumbuk ketan untuk membuat mochi. Lalu Meng Bo mencoba untuk menumbuk daging seperti menumbuk ketan, dibuat dalam bentuk bulatan.

Ibunya Meng Bo sangat menyukai makanan ini. Setelah itu, makanan Meng Bo terkenal dan menyebar di dunia melalui perdagangan China.

Nama bakso sendiri berasal dari kata bak yang berarti babi dan so yang memiliki arti sup.

(Baca juga: Konon katanya, soto juga berasal dari Cina yang sebelumnya bernama Caudo. Pertama kali populer di Semarang, lambat laun nama Caudo berubah menjadi soto.

Rasa dari soto sendiri berbeda-beda, tergantung dari daerah tempat soto tersebut berada.

Sate diduga berasal dari bahasa Tamil dan berasal dari pedagang Gujarat yang ke Indonesia pada awal abad 19. Makanya, bahan sate menggunakan daging kambing atau domba yang biasanya disukai warga keturunan Arab.

Di Indonesia, penyebaran sapi menghasilkan beraneka ragam rasa. Mulai dari sate kambing, sate sapi, sate domba, sampai sate babi.

(Baca juga: Ide pembuatan nasi goreng ini muncul karena masyarakat Tionghoa enggak suka makanan dingin. Mereka pun mencoba memasak kembali nasi yang sudah dingin dengan menambahkan beberapa bumbu dan ternyata disukai.

Kedatangan nasi goreng di Indonesia diduga berasal dari abad ke-10 era Kerajaan Sriwijaya.

 

TribunTravel/Ambar Purwaningrum

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Bakso Sampai Soto, Siapa Sangka 4 Makanan Asli Indonesia Ini Berasal dari Negara Lain"