4 Perbedaan Mendasar Antara Introvert dan Asosial

By Indra Pramesti, Jumat, 19 Januari 2018 | 09:30 WIB
Ini dia perbedaan antara introvert dan asosial. Jangan salah lagi, ya, girls! (Indra Pramesti)

Ternyata ada perbedaan yang menonjol antara introvert dan asosial lho. Banyak yang beranggapan kalau orang introvert memang pengin ditinggal sendiri, tapi ternyata enggak semudah itu lho definisinya.

Bahkan, enggak banyak yang tahu tentang arti asosial. Malah terkadang, artinya sering tumpang tindih , padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda. Biar enggak salah lagi, yuk kenali perbeedaaan mendasar antara introvert dan asosial.

(Baca juga: Cara Cowok Bilang ‘I Love You’ Tanpa Mengatakannya, Dilihat Dari Zodiak)

Seorang introvert pada dasarnya masih punya keinginan buat berada di sebuah grup atau kelompok yang berisi banyak orang, asalkan introvert sendiri lah yang berinisiatif duluan. Introvert juga bisa, kok, sekali waktu kenalan dan ketemu sama orang baru, tapi tetap saja, dia membutuhkan waktu buat sediri lebih banyak.

Sementara itu, asosial enggak menginginkan interaksi yang nyata dengan orang lain. Kalau introvert masih bisa menikmati interaksi sama orang lain, asosial sama sekali enggak bisa. Bahkan, asosial bisa sama sekali enggak nge-chat orang lain, karena dia enggak mau berinisiatif melakukan interaksi. Bisa disimpulkan kalau asosial merasa bahagia sepenuhnya kalau dia bisa menghindar dari orang lain.

Meski banyak yang percaya kalau introvert adalah pemalu, padahal kenyataannya enggak seperti itu, lho. Sebuah blog, pernah membahas kalau Bill Gates adalah seorang introvert, tapi dia sama sekali enggak pemalu. Mayoritas introvert ternyata masih pengin berinteraksi dengan orang lain, cuma enggak selalu.

Sama hal nya seperti asosial yang juga enggak cenderung pemalu. Tapi karena asosial sering menolak berinteraksi dengan lingkungan luar, akhirnya muncullah social anxiety yang cuma dimiliki sama asosial.

(Baca juga: 5 Cowok Kutu Buku yang Ada di Drama Korea, Tetap Bisa Jadi Idola!)

Introvert suka berada di berkumpul dan berinteraksi dengan banyak orang dengan caranya sendiri. Introvert juga enggak gampang menolak teman atau ketika seseorang menelepon mereka. Tapi, introvert lebih sering merasa enggak nyaman di sebuah acara dengan banyak orang dan harus berinteraksi dalam waktu yang lama.