Ternyata, Ini 3 Alasan Seleb Kpop Bisa Comeback Berkali-Kali dalam Setahun

By Ifnur Hikmah, Jumat, 11 Mei 2018 | 11:15 WIB
Dalam setahun, seleb Kpop bisa comeback sampai tiga kali (Ifnur Hikmah)

Salah satu yang membedakan seleb Kpop dengan musisi dari negara lain adalah frekuensi comeback yang sering. Bahkan, dalam setahun satu grup atau penyanyi bisa merilis 2 atau 3 album. Belum termasuk jumlah single yang dirilis.

Bentuknya pun beragam, bisa lewat single album yang hanya berisi satu atau dua lagu, mini album, full album, dan repackage album. Belum lagi album dari sub unit atau member yang menjadi penyanyi solo.

Sehingga, dalam setahun, interaksi idol dengan fans jadi banyak banget.

Misalnya saja 2017 lalu Red Velvet comeback sebanyak tiga kali, Rookie, The Red Summer, dan Perfect Velvet.

Twice juga berkali-kali menyapa Once lewat album Twicecoaster: Line 2, Signal, Twicetagram, Merry & Happy di tahun 2017.

Kira-kira kenapa ya seleb Kpop ini bisa comeback berkali-kali? Dikutip dari soompi.com yang menyadur berita dari media Korea Oh My News, ternyata ini 3 alasan seleb Kpop bisa comeback berkali-kali dalam setahun.

(Baca juga: 6 perbedaan seleb Kpop dan Hollywood dalam merilis album)

Yup, kompetisi di industri musik Kpop semakin ketat, terutama beberapa tahun terakhir. Sehingga, market yang terasa overstarated mengharuskan sebuah grup sering-sering muncul di hadapan publik agar tidak dilupakan.

Terutama untuk grup rookie yang masih belum terlalu dikenal publik sehingga diharapkan dengan comeback berkali-kali bisa menarik perhatian publik.

Untuk bisa survive di industri ini, banyak yang mengadopsi pola promosi 'busier is better' ketimbang menunjukkan kesan misterius karena bisa saja publik jadi lelah dan tidak mau menunggu mereka, mengingat setiap bulannya ada banyak grup yang debut dengan imej tertentu.

Dengan comeback berkali-kali, dan mempromosikan satu atau dua lagi selama beberapa minggu, grup ini berharap bisa membangun fanbase di setiap kali rilis.