Yuk, Mengenal 16 Kepribadian MBTI dan Cari Tahu Kamu yang Mana!

By Debora Gracia, Selasa, 30 Januari 2018 | 04:45 WIB
Kamu masuk ke dalam kepribadian yang mana? (Debora Gracia)

Girls, pernah mendengar penggolongan kepribadian seseorang berdasarkan MBTI (Myers-Birggs Type Indicator)? Tes kepribadian ini bisa menjadi tolak ukur preferensi psikologis seseorang yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada tahun 1940-an.

Ada 16 tipe kepribadian dengan empat pasang sifat: Extroversion (E) vs Introversion (I), Sensing (S) vs Intuition (N), Thinking (T) vs Feeling (F) dan Judging (J) vs Perception (P). Kalau belum pernah mengikuti tesnya, kita bisa melakukan tes dengan menjawab pertanyaan di sini, untuk yang Bahasa Indonesia, atau klik di sini untuk Bahasa Inggris.

Yuk, kita simak penjelasan dari 16 kepribadian berdasarkan MBTI, dilansir dari Tes 16 Kepribadian. Kamu yang mana?

Bersifat hangat, berempati, pendengar yang baik, dan bertanggung jawab. Kita orang yang loyal, mau mendengarkan pujian atau kritik. Bisa jadi pemimpin yang hangat dan mudah bergaul.

Kita percaya kalau segala sesuatu itu mungkin terjadi. Kita mampu memahami hubungan antara kejadian dengan sangat mudah, dan percaya diri. Kita menginginkan banyak pengakuan dari orang lain, dan siap memberikan apresiasi pada orang lain.

Hidup kita selalu penuh rencana dan tujuan. Kita orangnya sangat berterus terang, mudah melihat hal-hal yang menurut kita tidak efisien dan tidak logis. Kita juga punya sifat kepemimpinan, hanya saja terkadang kita suka memaksakan kehendak atau ide-ide kita.

Kita sanggup untuk memecahkan masalah yang menantang. Cepat, berbakat, pendorong, siaga, and blak-blakan. Kita mampu membaca kepribadian orang lain dengan melihat sikapnya. Jenuh dengan rutinitas.

(Baca juga: Kenali Lebih Lanjut 4 Tipe Kepribadian Manusia. Kamu Termasuk Tipe yang Mana?)