4 Seleb Korea Ini dengan Sengaja Menghindari Panggilan Wajib Militer (Wamil)

By Putri Saraswati, Selasa, 30 Januari 2018 | 09:33 WIB
Seleb Korea sengaja menghindari panggilan wajib militer (wamil). (Putri Saraswati)

Penduduk cowok Korea Selatan usia 18-35 tahun diwajibkan untuk mengikuti wajib militer (wamil) selama kurun waktu dua tahun.

Begitu surat notifikasi datang, siapa pun harus siap menjalani tes dan diberangkatkan ke kamp pelatihan.

Bagi beberapa orang yang menggeluti profesi tertentu misalnya artis, meninggalkan dunia hiburan untuk menjalani wamil ketika popularitas mereka sedang menanjak bukanlah hal yang mudah.

Makanya beberapa seleb ada yang memutuskan untuk menunda keberangkatan mereka (diperbolehkan dengan alasan yang kuat). Tapi ada pula yang sengaja menghindari panggilan wamil dengan cara atau alasan yang menuai kontra.

Contohnya seperti 4 seleb Korea berikut ini.

(: Selain Kim Woo Bin, 4 seleb Korea ini juga dibebastugaskan dari wajib militer)

Seung Joon atau Steve Yoo adalah Kpop idol yang populer di tahun 1990-an. Pada tahun 2002, dia menerima notifikasi dari pemerintah untuk melaksanakan wamilnya.

Tapi tepat sebelum dia berangkat, tiba-tiba Steve Yoo melakukan naturalisasi menjadi warga Amerika Serikat. Berkat tindakannya ini, dia mendapat kecaman keras dari banyak pihak.

Steve lantas dideportasi dan enggak diperbolehkan lagi untuk menginjakkan kaki di Korea.

Saat dipanggil untuk menjalani wamil pada 2004, Seung Hoon dengan sengaja memberikan sample urin palsu yang membuat hasil tes kesehatannya keluar dengan diagnosa penyakit darah tinggi dan diabetes.