Wajah Sangat Berminyak? Ikuti 6 Tips Ini Selama Musim Hujan!

By Marcella Oktania, Senin, 5 Februari 2018 | 10:15 WIB
youtube.com (Marcella Oktania)

Untuk kulit berminyak, di musim hujan begini, wajah kita pasti jadi jauh lebih gampang merasa berminyak. Ini karena cuaca yang lembap dan membuat wajah terasa lengket. Untuk itu, kita juga butuh perawatan kulit wajah yang berbeda di musim hujan, supaua enggak makin berjerawat.

Yuk ikuti 6 tips ini biar wajah enggak makin gampang jerawatan di musim hujan!

(Baca juga: Kulit Super Berminyak? Coba Atasi dengan Konsumsi 9 Makanan Ini!)

Di musim hujan, lebih baik menggunakan air panas saat mencuci wajah kita. Ini karena air panas lebih gampang meluruhkan minyak di wajah kita yang semakin bertumpuk di musim penghujan. Selain itu, air panas bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, lho. Tapi ingat, girls, hanya menggunakan air panas untuk bilasan pertama dan jangan terlalu lama membiarkan wajah terkena air panas.

Ternyata, musim penghujan jauh lebih gampang membuat bakteri menempel pada kulit wajah kita. Untuk membersihkan secara baik, setidaknya cuci wajah kita dua kali sehari. Lebih bagus lagi kalau kita memakai sabun cuci muka dengan bahan daun intaran atau neem yang antibakteri dan anti-inflamasi.

(Baca juga: Cara Memakai Kertas Minyak yang Benar untuk Si Kulit Berminyak)

Harus banget memakai toner di musim hujan, girls, terutama buat kulit berminyak kita. Toner bisa menyeimbangkan pH kulit dan mencegah bakteri berkembang ke kulit kita. Kelebihan lain toner adalah bisa menghilangkan residu makeup dan kotoran yang masih tersisa di wajah kita. Aplikasikan toner setiap selesai mencuci muka, ya.

Walaupun cuaca lembap, kita tetap butuh menghidrasi kulit berminyak kita supaya produksi minyak enggak semakin berlebihan. Cara terbaik dan termudah adalah menggunakan air mawar untuk melembapkan, menyegarkan, dan menghidrasi kulit. Semprotkan sedikit air mawar ke wajah kita dan biarkan hingga mengering sebelum memakai makeup.