Vagina Sering Terasa Nyeri? Ternyata Ini 4 Penyebabnya

By Indra Pramesti, Senin, 5 Februari 2018 | 04:15 WIB
Ini dia penyebab area vagina yang nyeri! (Indra Pramesti)

Selain payudara yang terasa nyeri, ternyata organ intim seperti vagina juga bisa menimpulkan rasa nyeri lho, girls. Yuk, cari tahu alasan kenapa area vagina kita terasa nyeri!

(Baca juga: 8 Fakta Penting yang Perlu Kita Ketahui Tentang Puting Terbalik (Inverted Nipple))

Ada banyak gejala PMS yang sering kita temui seperti munculnya jerawat, kram, atau mood swing. Tapi nyeri pada area vagina ternyata juga bisa disebabkan karena siklus menstruasi yang semakin mendekat, lho.

Bagi kita yang sering menggunakan tampon harap wasapada dengan kemungkinan ini. Karena area vagina yang nyeri juga bisa disebabkan oleh benda asing yang ada di dalamnya. Salah satunya yang paling sering adalah lupa kalau kita memakai tampon.

Kemungkinaan lainnya adalah kita mengalami infeksi. Seperti infeksi jamur vagina, atau bacterial vaginosis yang memicu rasa nyeri pada area vagina. Kalau sudah merasakan hal ini, kita harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Hal lain yang menyebabkan rasa nyeri di area vagina adalah ketika kita memakai baju atau celana yang terllau ketat sehingga menekan area vagina.

Selain itu, baju atau celana yang ketat juga bisa bergesekan dengan organ intim kita sehingga menimbulkan perasaan enggak nyaman.

(Baca juga: 6 Fakta Tentang Puting Payudara yang Belum Kita Ketahui)