Jurusan Kuliah Yang Paling Difavoritkan di Tahun 2018

By Indra Pramesti, Selasa, 6 Februari 2018 | 11:00 WIB
Ada jurusan kuliah pilihan kamu? (Indra Pramesti)

Buat kita yang tahun ini duduk di kelas XII, pasti bakal disibukkan dengan persiapan pendaftaran masuk jenjang perkuliahan, selain juga sibuk untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional.

Ujian masuk jenjang perkuliahan yang sering dinamakan SBMPTN ini ternyata juga sering bikin para pendaftar was-was dengan banyaknya saingan dan ujian masuknya yang enggak bisa dibilang gampang.

Dari sekian banyak universitas di Indonesia, tiga Universitas favorit yakni UI, ITB, dan UGM, masih jadi sasaran para pendaftar di pilihan utama mereka.

Nah, kira-kira jurusan kuliah apa saja ya yang paling difavoritkan di tahun 2018 ini? Yuk langsung disimak.

(Baca juga: Selain Kedokteran, Ternyata 7 Kuliah Jurusan Kesehatan Ini Lulusannya Juga Banyak Dicari!)

Sejak tahun 2016, Pendidikan Kedokteran terus mengalami peningkatan. Menurut situs resmi sbmptn.ac.id sendiri, di Universitas Indonesia, jurusan ini memiliki peminat sebanyak 2.940 orang, sementara daya tampungnya hanya sebanyak 72 kursi.

Sementara di UGM, jurusan ini mampu menarik 3.321 peminat dengan daya tamping sebanyaak 53 kursi.

Ilmu Hukum juga disebut jadi jurusan kuliah yang difavoritkan di Universitas Indonesia. Tahun lalu misalnya, peminat jurusan ini tercatat sebanyak 3.351 orang. Padahal daya tampungnya hanya 100 kursi.

Sementara di UGM, jurusan yang sama juga mampu menarik peminat sebesar 3.164 orang dengan daya tampung sebanyak 90 kursi.