Punya Teman yang Egois? Ini Dia 5 Cara Mudah Menghadapi Dia

By Indra Pramesti, Selasa, 8 Mei 2018 | 14:30 WIB
Ini dia yang harus kita lakukan buat menghadapi sahabat yang egois! (Indra Pramesti)

Sebagian dari kita pasti pernah mempunyai sahabat yang egois dan susah banget buat dihadapi. Tapi tenang, girls. Kalau kita masih kesusahan menghadapi dia, cewekbanget sudah merangkum 5 cara mudah untuk menghadapinya!

(Baca juga: Kata Psikolog, Ini 3 Alasan Kenapa Kenyataan Enggak Sesuai dengan Harapan)

Memahami alasan kenapa sahabat kita bersikap egois bukan berarti kita membiarkan dia bersikap seenaknya sendiri. Tapi, kita bisa belajar penyebabnya, sehingga kita jadi memahami polanya dan bisa lebih bijak terhadap perilakunya. Demikian dipaparkan oleh psikoterapis F. Diane Barth.

Setiap orang pasti punya kecenderungan untuk bersikap egois. Dengan belajar, penyebab seseorang bersikap egois, kita jadi menentukan apa yang kita lakukan selanjutnya.

Perilakunya yang egois, kadang bikin kita cepat merasa gerah dan marah. Tapi kita enggak perlu mengambil hati, girls. Karena kalau kita marah dan melakukan hal yang serupa, berarti kita enggak ada bedanya seperti dia. Daripada bersikap reakif sama perilakunya, kita harus lebih bisa fokus melakukan hal lain yang menyenangkan hati, seperti melakukan hobi, dan lain sebagainya.

Kalau kita kerap merasa bosan dengerin dia terus yang ngomong tentang dirinya sendiri, kita bisa mengalihkannya dengan cara yang enggak kasar. Salah satunya adalah dengan mengalihkan ke topik yang kita sukai, misalnya dengan ngomong, “Eh, semalem waktu di mall gue ngelihat …” atau topik lain kita suka.

Kalau dia mau mencoba membahas topik yang sama lagi, kita bisa bilang, kalau kita udah pernah denger ceritanya. Cara ini bisa menghindarkan dia dari sikap cari-cari perhatian.

Menjaga jarak akan selalu berhasil membuat keadaan jadi lebih baik. Dengan mengurangi waktu bersama sama teman yang egois, kita jadi lebih ngerasa bebas peduli dan fokus sama hal yang bikin kita happy.