5 Kesalahan Membersihkan Kulit Wajah Kombinasi yang Bikin Pori-Pori Tersumbat!

By Shafina Rahmanida, Minggu, 15 April 2018 | 13:02 WIB
(everydayhealth) (Shafina Rahmanida)

Bagi kita yang memiliki kulit kombinasi, masalah kulit seperti komedo, jerawat, ataupun kulit tidak mulus yang kita alami bisa jadi disebabkan karena pori-pori tersumbat. Hal ini mungkin membuat kita heran karena kita merasa sudah membersihkan wajah dengan benar.

Makanya, coba ingat-ingat kembali apakah kita melakukan salah satu dari 5 kesalahan membersihkan kulit kombinasi berikut ini?

(Baca juga: Duh! Tanpa Disadari 6 Kesalahan Dalam Mencuci Muka Ini Sering Kita Lakukan)

1. Menggunakan formula yang terlalu keras

Ketika menggunakan formula yang terlalu keras, kulit wajah kita dapat menjadi terlalu kering dan menyebabkan iritasi. Jika hal ini terjadi, kita harus segera mengaplikasikan pelembap untuk mengatasi kulit kita yang dehidrasi. Untuk itu, pilihlah produk yang memiliki formula lembut, bebas sulfat, dan berbusa sedikit.

2. Tidak mencuci muka setelah olahraga

Jika kita tidak mencuci muka setelah olahraga, hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Karena tisu pembersih wajah kurang dapat efektif membersihkan kulit, sebaiknya cucilah muka dengan sabun cuci muka ya, girls!

(Baca juga: 5 Tanda Kalau Sabun Cuci Muka Enggak Cocok di Kulit Kita. Wajib Diperhatikan!)

3. Tidak membersihkan muka di pagi hari

Meski kita sudah membersihkan muka pada malam sebelumnya, kita tetap harus membersihkan muka pada pagi hari. Selain karena kulit kita mengeluarkan racun dan minyak pada malam hari, ada juga kemungkinan kita menyentuh wajah yang memunculkan bakteri untuk perlu dibersihkan keesokan paginya.

Tak hanya itu, produk-produk skin care malam hari juga seringkali mengandung bahan-bahan seperti AHA, BHA, dan retinol yang perlu dibersihkan dari kulit keesokan harinya agar terhindar dari iritasi atau reaksi tertentu.

(Baca juga: Yuk Ketahui Sabun Cuci Muka yang Sesuai Jenis Kulit Kita!)