6 Hal Penting yang Wajib Kita Tahu dari Kandungan Retinol dalam Skincare

By Shafina Rahmanida, Selasa, 13 Februari 2018 | 09:22 WIB
foto: www.intothegloss.com (Shafina Rahmanida)

Agar produk skin care kita bekerja maksimal, ada baiknya jika kita mempelajari berbagai manfaat yang diberikan kandungan di dalamnya. Misalnya, ketika menggunakan retinol, sebagian dari kita mungkin belum memahami manfaatnya ternyata tidak sekadar untuk penuaan, tetapi juga dapat mencegah jerawat dan mengecilkan pori-pori.

Ini 6 hal penting yang perlu kita ketahui dari kandungan retinol dalam skincare.

(Baca juga: Manfaat Kandungan Vitamin di Dalam Skincare yang Perlu Kita Tahu)

Retinol merupakan salah satu bentuk dari vitamin A yang mungkin sering kita temui dalam kandungan skin care. Kandungan retinol kebanyakan dapat kita temukan dalam kandungan serum, krim wajah, ataupun bentuk minyak.

Jika kita memanfaatkan retinol dalam rutinitas malam perawatan kulit kita, kandungannya dapat bermanfaat untuk menjadikan kulit terlihat lebih muda, lembut, kencang, dan bebas jerawat. Jadi, kandungan ini dapat bekerja pada kulit tanpa melihat berapapun usia dan apapun jenis kulit kita, girls!

(Baca juga: Hati-hati! 8 Kandungan di Skincare Ini Bisa Bikin Kulit Jerawatan)

Ketika menggunakan retinol pada siang hari, pastikan untuk memakai sunscreen karena kulit kita menjadi lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet. Alternatifnya, kita dapat mencoba menggunakan retinol hanya pada saat malam hari saja.

Karena tidak membutuhkan resep untuk menggunakannya, enggak heran kalau retinol banyak ditemukan dalam kandungan skincare. Namun, retinol tentunya berbeda dengan retinoid yang memerlukan resep obat dan lebih berisiko menyebabkan iritasi sehingga kulit dapat menjadi lebih sensitif.