Kulit Kamu Iritasi? Ikuti 7 Tips Ini untuk Meredakannya!

By Shafina Rahmanida, Jumat, 23 Februari 2018 | 13:18 WIB
7 Cara Meredakan Kulit Iritasi (Shafina Rahmanida)

Jika kulit kita mengalami beberapa gejala seperti kemerahan, gatal, kering, bersisik, atau meradang, hal ini tandanya kulit kita sedang iritasi, loh! Masalah yang kita alami seperti ini bisa jadi disebabkan karena alergi, faktor lingkungan, rutinitas perawatan wajah yang buruk, over-scrubbing, ataupun menggunakan pembersih muka yang terlalu keras.

Jangan takut girls, karena kita tetap dapat mengatasinya dengan 7 cara pertolongan pertama terhadap kulit iritasi berikut ini!

(Baca juga: Wajib Tahu! Kapan Waktunya Membuang Makeup Supaya Enggak Iritasi)

1. Pakai masker alami timun

Dengan menggunakan parutan timun, masker alami ini bagus untuk memberikan kesan dingin dan menenangkan pada kulit iritasi, loh! Kita dapat menggunakan masker timun ini seminggu sekali dengan mendiamkannya di wajah selama 10 menit sebelum dibilas air dingin.

2. Cuci muka dengan formula khusus kulit sensitif

Cobalah biasakan untuk mencuci muka dengan produk yang memiliki formula khusus kulit sensitif setiap pagi dan sebelum tidur. Formula sabun cuci muka tersebut biasanya bersifat lembut dan mengandung sedikit bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi dibandingkan sabun cuci muka untuk kulit normal biasanya.

(Baca juga: Kulit Kamu Iritasi? Semprotkan DIY Face Mist dari Kulit Semangka yang Mudah Dicoba di Rumah!)

3. Gunakan cuka sari apel

7 Cara Meredakan Kulit Iritasi

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki untuk kecantikan, ternyata cuka sari apel berguna juga untuk kulit kering, gatal, dan reaksi alergi. Selain bermanfaat untuk ruam pada kulit, cuka sari apel dapat mengatasi kulit kering, menyeimbangkan tingkat asam basa kulit, dan menambah kelembapan.

4. Aplikasikan pelembap khusus kulit sensitif