Besaran Gaji & Pola Kerja Pilot yang Menantang. Tertarik?

By Ifnur Hikmah, Senin, 19 Februari 2018 | 10:30 WIB
Penasaran dengan pekerjaan seorang pilot? (Ifnur Hikmah)

Bercita-cita pengin jadi pilot, girls? Profesi ini memang menantang dan menggiurkan banget, apalagi kita bisa menjelajah banyak kota atau negara di dunia.

Dan, siapa bilang cewek enggak bisa jadi pilot. Sekarang, sudah banyak kok cewek yang jadi pilot.

Mungkin kita sering mendengar soal gaji pilot yang disebut-sebut tinggi banget. Tapi pertanyaannya, seberapa besar sih gaji seorang pilot?

(Baca juga: lahir tanpa kedua lengan, cewek ini berhasil jadi pilot. Inspiratif)

Pendapatan pilot Indonesia secara rata-rata Rp 40 juta hingga Rp 50 juta per bulan. Adapun penghasilan untuk pilot pemula yang baru mengantongi commercial pilot license sekitar Rp 30 juta per bulan.

Sementara itu, menurut manajemen Garuda Indonesia, penghasilan pilot junior di maskapai ini pada tahun-tahun pertama dapat menyentuh nominal Rp 60 jutaan.

Komponen pendapatan tersebut biasanya terdiri dari gaji plus tunjangan lain dan akan bertambah seiring dengan bertambahnya masa kerja dan jam terbang.

Pendapatan pilot semakin bertambah pada saat menjadi pilot senior. Seorang kapten senior di maskapai bintang lima seperti Garuda dapat memiliki penghasilan atau take home pay berkisar Rp 100 juta sampai Rp 150 juta.

Capaian pendapatan tersebut belum termasuk benefit noncash lain, seperti tunjangan kesehatan, asuransi personal, lost of flying licence, iuran pensiun, BPJS, kesehatan pensiun, penghargaan masa kerja, dan penghargaan pensiun yang bervariasi di setiap maskapai.

(Baca juga: bandara terburuk di dunia menurut pilot dan kru kabin)