Bongkar Kepribadianmu, Ekstrovert Atau Introvert, Dilihat dari Kebiasaan di Media Sosial

By Debora Gracia, Selasa, 20 Februari 2018 | 03:30 WIB
Yang mana kepribadianmu? (Debora Gracia)

Kepribadian ekstrovert dan introvert memang akan selalu berjalan beriringan. Tidak ada yang lebih baik dari yang lain, tapi justru dua kepribadian yang bertolak belakang ini bisa saling melengkapi.

Dalam buku Psychological Types karya psikolog Carl Jung, ekstrovert didefinisikan sebagai orang-orang yang senang berada di antara banyak orang. Mereka memiliki keinginan yang kuat terhadap pengalaman baru yang menarik, hubungan sosial, dan kesempatan memimpin.

(Baca juga: 8 Alasan Orang Introvert Dianggap Punya Kepribadian Menarik)

Sementara introvert adalah orang-orang yang lebih suka menyendiri dalam beberapa kegiatan kreatif, seperti membaca atau menggambar. Bukannya anti-sosial, hanya saja si introvert ini merasa lebih cocok bergaul pada lingkup sosial yang lebih kecil. Mereka memiliki empati dan pertemanan akrab dan kuat dengan segelintir orang.

Kalau kamu masih bingung dalam menentukan kepribadianmu ekstrovert atau introvert, sebenarnya bisa dilihat dari kebiasaan di media sosial alias medsos, lho. Penelitian ini dibuktikan oleh Susan M. Henney, profesor bidang psikologi dari University of Houston-Downtown.

Penasaran? Yuk, disimak!

Dalam mencari informasi, kita bisa menentukan kepribadian kita introvert atau ekstrovert.

Introvert cenderung membaca apa yang mereka mau baca dan tidak peduli apakah orang lain setuju atau tidak dengan mereka. Sedangkan ekstrovert senang jika semua orang mengetahui apa yang mereka baca dan pandangan mereka tentang isu-isu terkini, bahkan membuka diskusi.

(Baca juga: 7 Mitos Tentang Sifat Orang Ekstrovert yang Enggak Benar. Setuju?)

Ekstrovert cenderung menganggap media sosial adalah hal besar. Kadang juga punya banyak akun berbeda dan sangat aktif. Kita yang ekstrovert bisa dengan mudah stres atau kesal kalau orang lain enggak menyukai atau berkomentar pada hal yang kita upload. Alasannya karena ini salah satu tanda kita ingin dihargai dan diakui.