Menurut Ilmu Pengetahuan, Ternyata Posisi Tidur Kita Bisa Memengaruhi Mimpi, Lho!

By Indra Pramesti, Selasa, 20 Februari 2018 | 05:30 WIB
Posisi tidur ternyata emmengaruhi mimpi kita, lho! (Indra Pramesti)

Sebuah penelitian di tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep and Hypnosis, menemukan fakta bahwa seseorang yang tidur dengan posisi miring ke kiri ternyata lebih sering memiliki mimpi buruk dibandingkan dengan yang tidur miring ke kanan.

Uniknya lagi, meski kerap memiliki mimpi buruk, orang yang tidur miring ke kiri ternyata memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada yang posisi tidurnya miring ke kanan.

Dari sedikit fakta tersebut, bisa dipastikan bahwa posisi tidur memang memiliki pengaruh yang besar terhadap mimpi kita. Yuk, simak pembahasannya berikut!

(Baca juga: Kalimat yang Umum Kita Dengar tapi Sebenarnya Merendahkan Cewek)

Berdasarkan penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Dreaming, menemukan fakta bahwa seseorang yang tidur dengan posisi tengkurap, ternyata memiliki kecenderungan untuk mengalami mimpi yang bersifat erotis atau sensual.

Hal tersebut dibuktikan oleh peneliti asal Hong Kong Shue Yan Univeristy yang melakukan sampel pada mahasiswanya.

Tidur tengkurap, ternyata juga membuat orang tersebut menjadi lebih lelah karena posisi tidurnya yang cukup menekan bagian leher dan tulang belakang. Akibatnya, tidur pun menjadi enggak nyenyak dan memicu nyeri pada bagian tersebut. Uniknya, kondisi ini dipengaruhi juga oleh mimpi yang bersifat erotis atau sensual tadi.

(Baca juga: Banyak Cewek Korban Perkosaan yang Disalahkan! Ini Alasan Kita Enggak Boleh Melakukan Victim Blaming!)

Sama halnya dengan yang suka tidur dengan posisi miring ke kiri, orang yang tidur dengan posisi terlentang pun juga kerap bermimpi buruk, lho. Malah dilansir dari EveryHealth, tidur terlentang dapat menyebabkan kita jadi susah bernapas bahkan sampai memicu sleep apnea, yakni suatu kondisi yang membuat proses pernapasan kita terhenti, sehingga kita seketika terbangun di malam hari.

Tentu saja enggak mudah untuk mengubah posisi tidur kita yang sudah menjadi kebiasaan. Tapi lebih dari itu, sebaiknya kita memilih posisi yang membuat kita tidur nyenyak. Kalau kita sering mengalami kesulitan tidur, dengan konseling ke terapis, kita bisa menemukan posisi yang tidur yang tepat dan berkualitas.

(Baca juga: Stereotip Tentang Cewek yang Sering Dikira Benar, Tapi Sesungguhnya Salah Besar)