Kulit Kepala Sering Terasa Gatal? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

By Jana Miani, Minggu, 18 Maret 2018 | 11:09 WIB
Goodbye ketombe! (Jana Miani)

Masalah rambut yang biasanya dialami orang Indonesia selain rontok biasanya kulit kepala yang sering gatal. Kalau kulit kepala gatal biasanya orang akan merasa kalau kulit kepalanya berketombe, padahal ada beberapa penyabab lain yang bikin kulit kepala jadi gatal, girls.

Kulit kepala sering terasa gatal? 5 hal ini bisa jadi penyebabnya.

(Baca juga: 9 Kesalahan Perawatan Kulit yang Biasa Dilakukan Cewek Usia 20an. Setuju Enggak?)

Salah satu penyebab yang sering membuat rambut terasa gatal biasanya disebabkan karena ketombe. Ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang berminyak, berjamur dan kulit kering. Untuk mengatasi rambut gatal karena ketombe kita harus menggunakan sampo yang mengandung zinc atau candula supaya kulit kepala jadi lebih bersih dan segar. Lalu, jangan pernah tidur saat rambut masih banyak ya girls karena dapat memicu munculnya jamur di kulit kepala.

Psoriasis dan eczema merupakan suatu kondisi kulit yang biasanya berwarna merah, kering dan terasa gatal. Jika kita mengalami psoriasis dan eczema pada kulit kelapa sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Saat cuaca dingin biasanya kulit kepala akan cenderung mengering sehingga menyebabkan rasa gatal. Agar kulit kepala selalu terjaga kelembapannya, rutin gunakan hair mask supaya kulit kepala ternutrisi dengan baik.

(Baca juga: 7 Dry Shampoo di Bawah 100 Ribu Agar Rambut Bebas Lepek Seharian!)

Penyebab lainnya rambut terasa gatal yaitu bisa jadi karena adanya kutu yang bersarang di rambut kita, girls. Kutu ini bisa terjadi karena adanya kontak langsung dengan orang yang sedang terserang kutu. Tapi enggak perlu khawatir karena kutu ini bisa dibasmi dengan obat yang bisa kita beli di apotek.