3 Cara Memakai Jeruk Bali untuk Kulit Halus, Mulus, dan Bebas Jerawat!

By Shafina Rahmanida, Senin, 5 Maret 2018 | 10:00 WIB
livestrong.com (Shafina Rahmanida)

Enggak hanya dapat menyehatkan tubuh, buah jeruk bali juga memiliki beragam manfaat baik untuk kecantikan, girls! Buah ini memiliki kandungan-kandungan yang dapat melawan radikal bebas, berperan sebagai eksfoliator, mencerahkan kulit, dan menjaga kebersihan pori-pori.

Pengin merasakan manfaat-manfaat kecantikan tersebut? Coba 3 cara memakai jeruk bali untuk kulit halus, mulus, dan bersih!

(Baca juga: 4 Manfaat Baik Cuka Apel untuk Kecantikan yang Perlu Kita Tahu)

1. Menyegarkan kulit

Air perasan dari buah jeruk bali ternyata memiliki kandungan retinol yang dapat memperbaiki kerusakan kulit, mengurangi garis halus, dan meratakan warna kulit, loh! Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga dapat memberikan efek muda dan segar pada kulit kita.

Kita dapat memanfaatkan jeruk bali untuk membuat DIY masker wajah, girls! Caranya, campurkan ½ buah jeruk bali dan ½ cangkir plain yogurt, aplikasikan pada kulit kita yang sudah dibersihkan. Bilas dengan air hangat, lalu jangan lupa gunakan pelembap yang biasa kita pakai, deh!

(Baca juga: Menurunkan Berat Badan dan 6 Manfaat Lain Ketumbar untuk Kecantikan)

2. Menghaluskan kulit kering dan kasar

livestrong.com

Karena adanya kandungan astringent dalam jeruk bali, kita dapat menggunakannya untuk melakukan eksfoliasi pada kulit. Kandungan salicylic acid yang ada dalam air jeruk bali pun dapat kita gunakan sebagai scrub untuk menghaluskan bagian tubuh seperti lutut, siku, dan bagian kasar lainnya.

Cobalah aduk 1 cangkir gula dan 3 sendok makan grapeseed oil bersama air perasan ½ jeruk bali. Setelah teraduk rata, gunakan campuran tersebut untuk menggosok bagian tubuh kita yang terasa kasar.

(Baca juga: DIY Toner Cuka Apel yang Bikin Wajah Segar & Bersih)