7 Kebiasaan Sepele Ini Dapat Menyumbat Pori-Pori dan Bikin Kulit Bermasalah!

By Shafina Rahmanida, Minggu, 11 Maret 2018 | 08:45 WIB
Ternyata pori-pori enggak bisa membesar atau mengecil! (Shafina Rahmanida)

Kebiasaan-kebiasaan sepele yang mungkin sering kita lakukan tanpa kita sadari dapat menyebabkan berbagai masalah kulit yang super mengganggu. Misalnya seperti pori-pori tersumbat, kondisi yang hanya disebabkan karena pori-pori yang kotor ini dapat memunculkan jerawat, komedo, dan masih banyak lagi.

Biar wajah tetap mulus sempurna, simak 7 kebiasaan sepele yang dapat menyumbat pori-pori!

(Baca juga: 5 Kesalahan Membersihkan Kulit Wajah Kombinasi yang Bikin Pori-pori Tersumbat!)

1. Tidur dengan seprai dan sarung bantal kotor

Kebersihan seprai dan sarung bantal yang kita gunakan saat tidur sangat berpengaruh pada kebersihan kulit kita, terutama jika kita termasuk mudah berkeringat. Agar kotoran yang ada tidak berpindah ke kulit dan menyebabkan jerawat, cobalah rutin mencuci sarung bantal selama tiga hari sekali dan seprai setiap minggu.

2. Suka memegang-megang wajah

Kebiasaan suka memegang wajah dapat mengakibatkan tersebarnya bakteri penyebab jerawat sehingga pori-pori tersumbat. Tangan kita mungkin sudah menyentuh berbagai benda kotor, usahakan untuk rajin mencuci tangan dengan sanitizer dan mengurangi kebiasaan tersebut, deh.

(Baca juga: Kecilkan Pori-pori dengan 5 Toner Non Alkohol Untuk Kulit Berminyak)

3. Terkena sinar matahari tanpa memakai sunscreen

Ketika terkena kerusakan akibat sinar matahari, hal ini dapat merusak lapisan kulit dan membuat pori-pori terlihat membesar sehingga memperburuk kondisi pori-pori serta membuatnya tersumbat. Untuk itu, kita harus selalu memakai sunscreen yang ringan dan tidak membuat pori-pori tersumbat saat akan pergi ke luar ruangan.

4. Sering menempelkan layar handphone yang kotor

Sebel sama jerawat yang suka muncul di pipi atau sepanjang sisi samping wajah? Hal ini bisa jadi disebabkan karena layar handphone yang kotor, makanya coba deh cegah hal tersebut dengan telepon menggunakan earphone dan rajin membersihkan layar handphone.