Alasan Munculnya Benjolan Pada Payudara. Bukan Cuma Karena Kanker!

By Indra Pramesti, Kamis, 8 Maret 2018 | 04:18 WIB
Kenali penyebab munculnya benjolan di payudara, yuk. (Indra Pramesti)

Banyak dari kita sesama perempuan yang merasa khawatir dengan munculnya benjolan pada organ payudara. Ada yang bilang bejolan itu adalah gejala kita terkena kanker yang berakibat kematian.

Meski enggak sepenuhnya salah, ternyata benjolan pada payudara juga bisa disebabkan oleh hal lain yang enggak sampai berakibat kematian.

Ini dia penyebab alasan munculnya benjolan pada payudara. Bukan cuma karena kanker!

(Baca juga: Kenapa Kulit Area Sekitar Vagina Berwarna Lebih Gelap?)

Pada tubuh perempuan muda yangs ehat, 80% kemungkinan benjolan yang muncul pada payudara adalah tumor kecil yang tidak berbahaya. Salah satunya dinamakan fibrodenoma yakni sejenis benjolan kecil yang enggak mematikan dan berasala dari jaringan glandular. Demikian dipaparkan oleh Dr. Pixie McKenna, dilansir dari Cosmopolitan.com.

Fibrodenoma ini belum diketahui penyebab pastinya, namun memang umum terjadi pada perempuan usia 20 sampai 30 tahun.

Menurut dr, Pixie, jika Fibrodenoma kita enggak terlalu mengganggu, kita enggak perlu melakukan treatment apapun karena dia akan berhenti tumbuh setelah beberapa tahun dan 10% kemungkinan lain akan mengempes sendiri.

Beda cerita kalau Fibrodenoma ini sudah mulai menimbulkan rasa sakit. Kita perlu menghubungi dokter untuk dilakukan operasi penganggakatan Fibrodenoma.

Berbeda dengan Fibrodenoma yang bertekstur keras, kista memiliki tekstur menyerupai jeli dan umumnya terjadi pada perempuan berusia 30 sampai 40 tahun. Biasanya kista muncul selama semalaman atau menjelang siklus menstruasi.

Kista bisa didiagnosa dengan menggunakan ultrasound untuk perempuan di bawah umur 35 tahun atau mammogram untuk usia lebih dari 35 tahun. Jika kista ini cukup menganggu, doter spesialis akan melakukan treatment.