7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Persahabatan Kita Langgeng. Sudah Melakukannya?

By Debora Gracia, Sabtu, 28 April 2018 | 04:36 WIB
Best friend forever! (Debora Gracia)

Bukan hanya hubungan kita dan pacar yang harus dijaga biar tetap akur, hubungan kita dan sahabat pun perlu dijaga agar tetap langgeng.

Banyak banget kejadian dua orang yang tadinya bersahabat, lama-kelamaan jadi menjauh karena merasa sudah enggak saling kompak lagi.

Pastinya kita enggak mau itu terjadi dengan persahabatan kita dong? Oleh karena itu, coba ikuti 7 kebiasaan ini yang bisa bikin hubungan kita dan sahabat langgeng!

Saat ada hal yang menurut kita lucu atau bikin kita sedih, sahabat adalah orang pertama yang kita hubungi. Begitu pula dengan dia. Mungkin kita tidak selalu bertemu setiap hari dengannya, tapi pasti rutin chat dan tahu hal apa yang dilakukan sahabat.

Ketika kita dan sahabat bisa saling terbuka, pasti persahabatan kita bakalan langgeng.

(Baca juga: 10 Pelajaran Wajib Tentang Persahabatan Yang Perlu Kita Tahu!)

Peduli memang wajib, tapi jangan sampai kepo habis-habisan. Artinya, mungkin ada hal-hal yang enggak pengin sahabat bagikan ke kita dan itu wajar. Seterbuka apa pun sebuah persahabatan, pasti akan ada selalu hal yang dijaga privasinya.

Misalkan, ketika sahabat enggak mau cerita tentang masalah keluarganya jangan terus-menerus mencecar dia agar mau cerita. Mungkin dia memang enggak mau cerita. Jadi, lebih baik kita tidak mencampurinya.

Persahabatan bukan hanya tentang saling memuji, tapi juga berani saling mengkritik. Kritik yang bukan menjatuhkan, tapi justru saling membangun. Saat kita mengkritik sahabat, pasti dasarnya karena kita kenal betul dengan karakter dia. Dan tentunya, kita pengin dia berubah jadi orang yang lebih baik lagi.