Usia Menstruasi Pertama Ternyata Bisa Deteksi Kesehatan di Masa Depan. Intip Infonya!

By Debora Gracia, Rabu, 7 Maret 2018 | 06:48 WIB
Wajib tahu! (Debora Gracia)

Usia pertama kali kita mendapatkan menstruasi untuk pertama kali pastinya berbeda-beda setiap orang. Mungkin kita baru tahu bahwa usia seorang cewek pertama kali menstruasi ternyata dapat berpengaruh secara signifikan pada kesehatan kita di masa mendatang.

Ini penjelasan selengkapnya.

Usia menstruasi pertama kali ternyata bisa mendeteksi risiko penyakit apa yang mungkin kita derita di masa depan.

Kalau dalam dunia medis, usia pertama kali haid disebut menarche. Menurut Maureen Whelihan, MD, ahli kebidanan dan kandungan di Center for Sexual Health and Education, remaja di era saat ini cenderung mendapat periode menstruasinya lebih awal disebabkan beragam faktor.

Usia normal bagi remaja yang mendapatkan menstruasi pertama kali adalah usia 9 hingga 14 tahun.

(Baca juga: Ngeluh Sakit Menstruasi? Penderitaan Cewek di Berbagai Negara Saat Menstruasi Ini Jauh Lebih Berat)

Sedangkan menurut Jessica Shepherd, MD, asisten profesor kebidanan dan kandungan dan direktur operasi ginekologi minimal invasif di University of Illinois College of Medicine di Chicago, dokter akan merasa khawatir jika seorang remaja belum menstruasi padahal sudah menginjak usia 16 tahun.

Meskipun sebenarnya menarche ini bisa dipengaruhi karena gen, berat badan, dan faktor lingkungan.

(Baca juga: Pengalaman 8 Cewek Saat Mengalami Menstruasi Untuk Pertama Kali)

Cewek yang mendapat periode mestruasi lebih awal, berisiko sedikit lebih tinggi terkena kanker payudara disebabkan paparan hormon estrogen. Sementara itu, penelitian menyebutkan seorang cewek mendapat menstruasi di waktu yang sangat awal atau bahkan sangat akhir akan meningkatkan peluang menderita penyakit jantung di kemudian hari.