6 Jenis Bau Vagina Yang Perlu Cewek Tahu!

By Indra Pramesti, Kamis, 8 Maret 2018 | 10:00 WIB
Wajib tahu! (Indra Pramesti)

Selain bisa mengeluarkan cairan yang berbeda-beda, vagina kita juga bis amengeluarkan bau yang berbeda juga. Sebagai cewek kita perlu memahami fakta ini karena untuk beberapa kondisi, bau ini juga bisa berbahaya untuk kesehatan vagina yang kita miliki.

Yuk kenali 6 jenis bau vagina yang pelru cewek tahu!

(Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Ingrown Hair yang Tumbuh di Vagina. Bisa Dilakukan Sendiri )

Kalau vagina kita dalam keadaan sehat, maka baunya juga akan beragam dilihat dari tingkat kesehatan vagina itu sendiri. Misalnya saja, setelah berolahraga berat, vagina kita bisa berbau akibat dari keringat yang yang muncul di sekitar area vagina. Demikian dipaparkan oleh ahli kesehatan perempuan, dr. Jennifer Wider, M.D, seperti dilansir dari cosmopolitan.com.

Menurut dr. Wider, bau ini masih normal dan enggak menandakan gejala berbahaya apapun.

Jika vagina kita mengeluarkan bau yang amis yang kuat, ada kemungkinan kita terkena infeksi pada vagina. Demikian dipaparkan oleh American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

Jika baunya semakin kuat usai melakukan hubungan seksual atau disertai dengan keluarnya cairan pada vagina, maka ada kemungkinan kita terkena bacterial vaginosis, yakni suatu kondisi di mana bakteri berkembang terllau banyak sehingga menganggau keseimbangan pH pada vagina. Bacterial vaginosis bisa disembuhkan dengan menggunakan antibiotik.

Jika bau amis disertai dengan cairan berwarna hijau keluar dari vagina, gatal-gatal, dan rasa sakit ketika buang air kecil, maka kita kemungkinan terkena trichomoniasis, yaitu salah satu jenis penyakit menular seksual yang bisa diobati.

Jika kita mengalami hal ini, kita perlu segera memerikasakan diri ke dokter untuk diagnosa yang tepat.