5 Cara Tepat Memakai Alat Pencabut Komedo Supaya Enggak Makin Bermasalah!

By Shafina Rahmanida, Minggu, 25 Maret 2018 | 05:39 WIB
Getty Images (Shafina Rahmanida)

Untuk menghilangkan komedo, sebagian dari kita mungkin lebih baik mencoba cara menggunakan alat pencabut komedo dibandingkan menarik-narik komedo yang justru dapat merusak kulit. Namun, kita tidak boleh sembarangan karena alat tersebut perlu digunakan dengan cara yang tepat. Sebaiknya kita pun dapat mencoba cara-cara alami terlebih dahulu jika masih ragu, girls!

Simak 5 cara memakai alat pencabut komedo yang tepat supaya tidak justru merusak kulit!

(Baca juga: 5 Tips Ampuh Atasi Komedo yang Membandel. Wajib Tahu!)

1. Basuh dengan air hangat atau uapkan wajah dulu

Getty Images

Bersihkan wajah dengan air hangat, usapkan daerah hidung dengan kain yang sudah direndam air hangat agar pori-pori terbuka. Cara lainnya juga dapat kita lakukan dengan melakukan uap wajah terlebih dahulu.

2. Hanya gunakan lubang terkecil

Ketika menggunakan alat pencabut komedo, biasanya kita menemukan beberapa lubang yang dimiliki alat tersebut. Untuk mencabut komedo di hidung, gunakan lubang terkecil karena lubang yang lebih besar biasanya digunakan untuk daerah punggung.

(Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan yang Ada di Dapur)

3. Tekan dengan lembut

Kebanyakan dari kita seringkali terlalu agresif saat mencoba mengangkat komedo dan malah menyebabkan peradangan sehingga komedo atau jerawat semakin parah. Kuncinya jangan memberikan terlalu banyak tekanan pada kulit yang dapat melukai kulit dan melalui gerakan dari satu sisi secara perlahan.

4. Cuci muka, pakai toner dan pelembap